Pembekalan dan Pelepasan KKN Kebangsaan dan KKN Nusantara oleh Wakil Rektor 3

Tulungagung – Rasa khidmat sudah terasa saat para peserta KKN Kebangsaa Palangkaraya dan KKN Nusantara Papua sudah berkumpul di ruang rapat rektorat lantai dua. Para peserta didampingi oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Prof. Ngainun Naim, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Dr. Muntahibun Nafis dan Kepala Pusat Penelitian Ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I berkumpul untuk menunggu arahan dari Wakil Rektor 3 Prof Abad Badruzaman.

Acara dimulai, para peserta menyimak dengan seksama pembekalan sebelum jam keberangkatan mereka tiba. Para peserta KKN Kebangsaan Palangkaraya ialah hasil seleksi final dari puluhan mahasiswa yang mendaftarkan diri. Mereka ialah: Ike Rahayu Putri, Indana Zulma Hikmatul Laili keduanya dari FTIK, Elsa Agustin Rahayu, Fitria Dwi Nuriyah dari Febi, dan Firra Ila Kamaliah dari Fuad. Mereka sedianya akan berangkat ke Palangkaraya Sabtu, mendatang.

Dua peserta yang akan diberangkatkan ke Papua untuk menunaikan tugas sebagai peserta KKN Kolaborasi Nusantara Berkelanjutan adalah peserta terpilih. Mereka ialah Ifa Rosyidiana dari Fuad dan Achmad Afandi dari Ftik. 

“Ada sekitar dua ribuan mahasiswa KKN di semester ini, dan hanya kalian yang diberangkatkan. Maka dari itu, ini adalah kesempatan kalian sekali seumur hidup untuk KKN bersama teman-teman dari seluruh penjuru tanah air. Gunakanlah kesempatan ini dengan baik,” Ujar Prof Naim saat memberikan pembekalannya. 

KKN di Palangkaraya merupakan KKN yang digagas oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini berarti peserta yang didelegasikan ke KKN tersebut berasal dari berbagai macam Universitas Negeri yang ada di Indonesia.

Sedangkan KKN yang dilaksanakan di IAIN Fattahul Muluk Jayapura Papua merupakan KKN yang digagas oleh Kementerian Agama. KKN ini mengajak seluruh perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Agama untuk mendelegasikan putra-putri terbaiknya untuk berpartisipasi menyukseskan KKN Kolaborasi Nusantara moderasi beragama. Dengan delegasi yang ada, tentu akan ada bahkan banyak peserta yang hadir dari perguruan tinggi bermacam agama.

“Jagalah selalu almamater kalian. Tunjukkan kepada para peserta lainnya bahwa kalian siap berada di garda depan semangat pengabdian. Aktiflah dalam menggagas kegiatan. Meskipun bukan sebuah kompetisi, namun saya harapkan kalian tetap berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan firman Allah, ‘fastabiqu al-khairat,’” Pesan Prof Abad Badruzaman, Wakil Rektor 3 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang akrab disapa dengan Abah ini.

Dengan parstisipasi peserta KKN dari berbagai latar belakang ini, diharapkan para peserta untuk mampu tetap mengedepankan persatuan demi tercapainya program kerja KKN yang telah disepakai. Dengan begitu mereka akan belajar dengan aneka ragam kehidupan, aneka ragam masyarakat kemudian tidak hanya sekedar mengenal terlebih mampu memberikan kampanye moderasi beragama, menjaga ukhuwah diniyyah, ukhuwwah basyariyyah, ukhuwah wathaniyyah, dan ukhuwah ‘alamiyyah. 

Dengan bacaan basmalah, Wakil Rektor 3, Abah Prof. Abad memberangkatkan para peserta, seraya mengadahkan tangan untuk kesuksesan, dan utamanya keselamatan para peserta. Amin.

Peserta KKN Kebangsaan Siap Berangkat.
Tiba di Tanah Palangkaraya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Aug 18, 2022