KKN MDB 2022– Pada 19 Mei 2022 melaksanakan kegiatan penghijauan di beberapa tempat di Desa Jajar. Kegiatan penghijauan ini digagas oleh divisi kesehatan dan lingkungan hidup KKN MDB sebagai kegiatan momentual, Kegiatan penghijauan dilaksanakan di taman Jajar Gumregah yang tepatnya di area sekitar Paseban Kumbokarnan. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN berkolaborasi dengan beberapa ormas yang ada di Desa Jajar, diantaranya ada Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan Karang Taruna. Kegiatan ini juga mengundang beberapa tokoh masyarakat, seperti bapak kepala desa, bapak carik, bapak penyuluh kehutanan desa, Babinsa, bktm, lmdh perhutani dll.

Kegiatan penghijauan diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC dari mahasiswa KKN, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang dilakukan oleh kepala desa dan ketua Pokdarwis. Kemudian lanjut penyerahan bibit sebagai simbolis kepada kepala desa dan ketua Pokdarwis oleh ketua kkn. Baru setelah itu acara ditutup dan lanjut melakukan penanaman di area sekitar Paseban. Karena sasaran penghijauan ini dilaksanakan di dua tempat, terdapat beberapa kelompok dalam melaksanakan penghijauan ini. Untuk Apara tamu difokuskan untuk menanam pohon di area Paseban dan beberapa mahasiswa KKN dikerahkan untuk menanam pohon di area umber mata air.

Photo By: Dokumen Pribadi

Terdapat 3 jenis tanaman yang ditanam dalam kegiatan penghijauan ini, yaitu ada 100 sirsak, 100 durian dan 50 pohon jati, dengan jumlah keseluruhan ada 250 bibit. Di area Paseban ditanami sirsak dan beberapa durian serta 2 jati. Sedangkan di area sumber mata air keseluruhan ditanami pohon jati. Penanaman pertama dilakukan oleh kepala desa jajar, kemudian dilanjut oleh carik, Pokdarwis, karang taruna, lmdh, bktm, LSM perhutani, Babinsa, dan baru kemudian penanaman dilakukan bersama-sama dengan mahasiswa KKN.

Penulis: Cahyaningrum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Jun 27, 2022