Divisi Komunikasi dan Publikasi KKN Membangun Desa Berkelanjutan Tahun 2022 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah sukses menyelenggarakan Serambi Konten dengan tema Set Your Dream, Share Your Inspiration. kegiatan ini dilaksanakan secara luring, bertempat di Paseban Kumbokarnan Desa Jajar yang diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan IPNU IPPNU Ranting Jajar dan sekitar, Mas Bro Jajar, Karang Taruna, Pokdarwis, Jajar Tangguh Comunity, Pagar Nusa, IKSPI, dan PSHT pada hari Minggu (24/04/2022) pukul 07.30 WIB. Tujuan diselenggarakannya serambi konten supaya pemuda dan masyarakat desa Jajar melek digital, cakap serta meningkatnya kemampuan dalam penggunaan internet dan media sosial.

Photo By: Dokumen Pribadi

Kegiatan ini menjadi hal penting, masyarakat digerakkan untuk bersama-sama mengikuti perkembangan literasi dan digitalisasi. Dalam acara ini, divisi komunikasi dan publikasi mengundang Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SATU Tulungagung Amrullah Ali Moebin dan Pengurus Lembaga Pers PW IPNU Jawa Timur Fathurrahman Dzulqarnain Al Ghozali sebagai pemateri tentang Kejurnalistik-an dan perkontenan.

Materi pertama disampaikan oleh Bung Aam, begitu sapaan akrab mahasiswa UIN SATU Tulungagung. Beliau menekankan kalimat “Tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai” dalam mengawali pemaparan materi terkait dasar, unsur-unsur, keunggulan jurnalistik, teknik penulisan berita dan pemilihan kata pada berita yang dikemas dengan ringan dan mudah dipahami oleh masyarakat awam. Selesai yang dimaksud pada kalimat tersebut memiliki makna yang utuh, tidak setengah-setengah.

Pemaparan materi kedua dilanjutkan oleh Mas Dag, lagi-lagi pemateri kegiatan ini memiliki sapaan akrab. Dalam pemaparannya, ia berkata bahwa konten tidak harus selalu formal. Masyarakat bisa mempublikasi kegiatan sehari-hari melalui media sosial yang dimiliki secara berkelanjutan.

Tidak hanya teori saja yang diajarkan oleh para pemateri. Setelah kedua materi selesai dijelaskan, seluruh peserta kegiatan serambi konten dibentuk secara acak menjadi sepuluh kelompok. Setiap kelompok diberi tugas untuk membuat tulisan berupa berita maupun narasi dan konten video dengan tema desa Jajar. Mereka dibebaskan dalam mencari objek disekitar lokasi Paseban. Narasi, berita dan konten video tersebut dikoreksi secara acak oleh kedua pemateri kemudian dijelaskan kepada seluruh peserta bagaimana hasil yang baik dan sesuai ketentuan.

Penulis            : Khusnul Khotimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 28, 2022