GOMBANG, PAKEL – Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, begitulah makna dari pribahasa mensana in corporesano. Kesehatan dan kebugaran tubuh yang terjaga dapat menjadikan pikiran lebih fresh, secara tak langsung juga akan membuat jiwa seseorang dapat fokus terhadap segala yang dikerjakannya. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, begitulah makna dari pribahasa mensana in corporesano. Kesehatan dan kebugaran tubuh yang terjaga dapat menjadikan pikiran lebih fresh, secara tak langsung juga akan membuat jiwa seseorang dapat fokus terhadap segala yang dikerjakannya.

Sore hari di Halaman Balai Desa Gombang Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, berdatangan para ibu-ibu PKK yang bersemangat. Berpakaian olahraga dan cantik, ibu-ibu berbaris rapi di lapangan. Beberapa peserta dari istri perangkat desa dan ibu rumah tangga yang akan mengikuti senam rutinan sore yang dilakukan setiap bulan pada tanggal 10 yang bertepatan pada hari, Kamis (10/2/2022). Namun sebelum senam dilakukan, ibu-ibu berkumpul di pendopo untuk melakukan kegiatan silaturahmi dengan berdoa dan membayar arisan yang dilakukan setiap sebulan sekali.

Mengikuti irama musik yang asyik, Bu Lurah bersama ibu-ibu PKK dan para Mahasiswa KKN Desa Gombang Kecamatan Pakel, serentak bergerak menuruti gerakan instruktur senam. Dimulai dari gerakan ringan sebagai pemanasan, tangan diangkat ke atas, ke samping dan ke belakang. Kepala dimiringkan ke kanan, kiri, bawah dan atas. Fungsi pemanasan untuk melemaskan otot-otot agar siap pada gerakan inti dan jalan sehat nantinya. Senam dilanjutkan dengan gerakan inti dan diakhiri pendinginan.

Terlihat ibu-ibu sangat bersemangat dan totalitas mengikuti kegiatan ini serta menyambut baik dan senang dengan kehadiran para Mahasiswa hadir di desa Gombang dengan mengikuti kegiatan senam sore yang rutin dilakukan setiap tanggal 10 pada setiap bulannya. “Mari membiasakan diri dengan olahraga. Agar tubuh kuat dan sehat. Selain itu, mari lakukan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Agar kita terhindar dari penyakit,” tutur Bu Lurah.

Selesai senam, Mahasiswa KKN Desa Gombang Kecamatan Pakel bercengkrama dan ramah tamah dengan Ibu-ibu PKK  dengan duduk dan meminum air putih setelah lelah hingga berkucur keringat yang membuat badan terasa panas dan sehat. (Nafila Fiky Fadhilah, Peserta Mahasiswa KKN Desa Gombang Pakel 2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Aug 18, 2022