Tulungagung, Sumberdadap- KKN yang artinya kuliah kerja nyata merpupakan bentuk pengapdian masyarakat, sebagai wujud tri darma perguruan tinggi dengan cara menyebarkan mahasiswa ke beberapa desa maupun wilayah yang masih perlu dikembangkan seperti menjadikan desa pintar dan desa mandiri. Namun, di tahun ini, sejak pandemi covid 19 kegiatan KKN tidak bisa dilakukan seperti biasanya atau seperti tahun-tahun kemarin akan tetapi adanya kebijakan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilakukan secara virtual dari rumah.

Desa Sumberdadap Tulungagung tahun 2018 telah di-perdes-kan berdirinya bumdes menyusun program dan melengkai kebutuhan-kebutuhan bumdes.  2019 terbentuknya pengajuan 1 (satu) kegiatan badan usaha milik desa yang berorientasi diberikan analisa usaha tentunya berdasarkan potensi dan pembacaan peluang-peluang yang bisa dikembangkan sebagai bentuk kegiatan badan usaha milik desa yang berorientasi penambahan pendapatan asli desa.

Wilayah Desa Sumberdadap yang berada di sebuah pegunungan membuat badan usaha milik desa merasa kesulitan dan menurut mereka tidak semua potensi bisa langsung bisa di titikan pada pertanian karena cuaca yang dialami dipegunungan memang sanagta sulit, kareana harus menunggu musim hujan.

Dari potensi yang di pertimbangakan kemudian pihak badan usaha milik desa akhirnya mempunyai usaha pembuatan kerajinan celengan gipsum, budidaya ulat hongkong jeri dan budidaya peterakan kelinci yang diperjual belikan  di media social dan dikabarkan di akun media social Instagram dan youtub KKNVDR050. Selain itu di Desa Sumberdadap terdapat kegiatan keagamaan seperti yasinan, khotmil qur’an, lomba azan dan kajian dilaksanakan rutin setiap minggu di Desa Sumberdadap.     

Kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut di atas merupakan tindakan dari anggota KKN dengan cara online yang dilakuakan dari rumah. Adapun kegiatannya dilakukan dengan mengupload  kajian-kajian, khodmil alqur’an, lomba azan yasinan  di media social seperti Instagram dan youtube  akun KKNVDR050 yang dipimpin oleh salah satu ustad yang ada didesa sumberdadap.

”Terimah kasih atas apresiasi dadi teman-teman KKN yang telah antusias membuat kegiatan-kegiatan positif di desa Sumberdadap meskipun di erah pandemi covid 19,” ucap Pak Mahroji kepala Desa Sumberdadap. (sekertaris, hesti khoirotun nisa’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, May 15, 2021