Wilayah lokasi KKN di Desa Pucanglaban , Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Pucanglaban. Kelompok KKN VDR 073 melakukan pembukaan di Desa Pucanglaban pada tanggal  3 Februari , selanjutnya pada tanggal 7 dilanjutkan pembukaan di Kecamatan Pucanglaban bersama 5 kelompok lain yang juga KKN di Desa yang berada di Kecamatan Pucanglaban.

Selanjutnya setelah pembukaan itu dilakukan, kita membagi tim menjadi 3 Divisi yaitu Divisi Moderasi Beragama, Divisi Berdesa,Divisi Antologi dan juga ada Pengurus Harian yang anggotanya ada Ketua Kelompok , Wakil Kelompok, Sekretaris, Bendahara . Para tim yang sudah dibentuk selanjutnya melakukan tugasnya sesuai yang sudah direncanakan dan membuat program kerja guna di kumpulkan dalam laporan ke LP2M.

Program kerja yang dilakukan antara lain adalah Divisi Berdesa merencanakan program kerja antara lain adalah Bansos sembako yang diberikan kepada 50 orang warga desa sekitar Pucanglaban yang kurang mampu dan terkena dampak pandemi Covid 19 data warga yang kurang mampu ini diperoleh dari data desa.

Bantuan sosial ini diberikan langsung ke rumah-rumah warga untuk menghindari kerumunan sesuai dengan anjuran dari LP2M supaya KKN via daring dari rumah ini memperhatikan protokol kesehatan. Para anggota divisi berdesa semua bergerak saat packing sembako dan pembagian bansos.

Kedua, program kerja dari divisi berdesa adalah promosi UMKM mereka melakukan wawancara oleh para pelaku UMKM di Desa Pucanglaban selanjutnya mengambil foto produk UMKM untuk diposting di media sosial dan dipromosikan oleh seluruh anggota kelompok supaya UMKM lebih dikenal bukan hanya di toko-toko tetapi juga di dunia online. Selanjutnya program kerja dari Divisi berdesa adalah membuat taman didepan balai desa Pucanglaban untuk penghijauan sekitar Balai Desa dan untuk dijadikan kenang-kenangan dari kelompok kita.

Program kerja yang dilakukan Divisi Moderasi Beragama antara lain yang pertama adalah mengadakan lomba menghafal surat pendek untuk anak usia 7 sampai 11 tahun , salah satu anggota ada yang menjadi juri dan menentukan siapa pemenangnya. Ada 3 juara yang terpilih lalu selanjutnya diberikan uang tunai. Ada banyak sekali pendaftar tetapi hanya dipilih 3 pemenang terbaik.

Yang kedua program kerja yang dilakukan adalah mengadakan kajian online yang dibuka untuk umum via live instagram dan ada narasumbernya yang membahas tema tentang pernikahan dini. Untuk divisi antologi anggota tim kita bertugas untuk mengumpulkan tugas esay para anggota kelompok selanjutnya disusun sehingga dapat diterbitkan ISBN hingga menjadi buku. Para anggota ada yang mengedit laporan, menyusun laporan sesuai template sesuai arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan dan juga LP2M. (KKN VDR Kelompok 073)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Tuesday, Sep 21, 2021