KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan pada waktu dan daerah tertentu. Biasanya, pelaksanaan kegiatan KKN berlangsung dalam kurun 1-2 bulan dan bertempat di suatu desa.

Di tengah kondisi dunia termasuk Indonesia yang dilanda wabah COVID-19, tentu kondisi masyarakat berbeda dengan kondisi sebelum merebaknya wabah COVID-19. Pemerintah memberikan kebijakan himbauan untuk tetap menjaga jarak fisik hingga sosial. Bahkan, di daerah yang menjadi zona merah dengan jumlah angka positif COVID-19 tinggi juga dilakukan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masayarakat (PPKM) atau bisa dengan kondisi saat ini telah mendorong masyarakat untuk work from home atau menjalankan kerja dan aktivitas lainnya dari rumah.

Melihat kondisi wabah seperti ini, sudah seharusnya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga melakukan inovasi agar tetap berjalan meski dilakukan dari rumah dengan menggunakan sistem daring. Keberadaan teknologi informasi sekarang ini sangat memungkinkan untuk pelaksanaan KKN tanpa harus melakukan kontak fisik dengan masyarakat, salah satunya dengan menggunakan berbagai platform media sosial yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melakukan program edukasi, himbauan, ataupun penyampaian informasi lainnya.

Salah satu program yang diadakan oleh Divisi Antologi disini seperti Lomba Desain Poster Digital.

Tujuan diadakannya Lomba Desain Poster ini adalah untuk mengembangkan kreativitas, meningkatkan daya produktivitas, mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan COVID-19, dan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dan media sosial secara positif di masa pandemi.

Lomba Desain Poster ini merupakan suatu bentuk kampanye pencegahan penyebaran Virus Corona dan anjuran untuk menaati protokol kesehatan COVID-19 agar terhindar dari wabah Corona di masa pandemi, mengingat masih tingginya angka positif COVID-19 di berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan Lomba Desain Poster Digital diselenggarakan dengan tema “Protokol Kesehatan COVID-19” dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Adapun poin-poin yang dinilai dalam lomba ini diantaranya adalah kerapian desain, komposisi, kreativitas, dan sisi artistik penyajian visual posternya.

Adapun pengumuman juara lomba desain poster akan diunggah di akun instagram @kknvdr093_iaintulungagung pada tanggal 11 Februari 2021. Kemudian, peserta yang mendapatkan juara 1, 2, dan 3 akan dihubungi melalui DM (Dirrect Message) di instagram oleh panitia penyelenggara lomba desain poster.

Kegiatan Lomba Desain Poster ini diikuti oleh 37 peserta yang berasal dari berbagai daerah, diantaranya: Blitar, Tulungagung, Malang, Bali, Kalimantan, dan masih banyak lagi. Dalam penilaian lomba ini, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ikut andil dalam kegiatan Lomba Desain Poster Digital sebagai juri, yaitu Ibu Dr. Rikhlatul Ilmiah, S.Ag., M.Pd.I. Selain itu, dua juri lainnya berasal dari mahasiswa kelompok KKN VDR – LP2M012021093 yaitu Chayatun Nufus dan Agung Setyo Pambudi.

Selain peserta yang mendapatkan juara, pihak penyelenggara juga memberikan apresiasi kepada semua peserta lomba desain poster ini masing-masing mendapatkan sertifikat atau piagam penghargaan. Adapun bagi para peraih juara 1, 2, dan 3 mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat penghargaan juara.

Meskipun kegiatan KKN dan lomba ini dilakukan secara daring, dari kelompok KKN VDR – LP2M012021093 sangat berharap program kerja dari tim Divisi Antologi ini dapat memberikan manfaat positif untuk banyak kalangan terutama dalam pemakaian teknologi seperti membuat poster atau hal lain yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain. (Chania Zalfa, KKN VDR – LP2M012021093)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Thursday, Oct 28, 2021