Kegiatan KKN VDR-038 di desa Lorejo Kecamatan Bakung Blitar resmi ditutup dengan singkat dan sederhana dan singkat pada Jumat, 26 Februari 2021. Dihadiri secara virtual oleh DPL Ibu Desyana dan secara langsung perwakilan dari Tim KKN VDR 038 dengan beberapa perangkat desa beserta Bapak Budiono selaku sekretaris desa Lorejo. Hari itu juga bertepatan dengan pembagian sembako dan penyerahan plakat penunjuk air terjun yang bernama Sendang Kamulyan.

Air terjun Sendang Kamulyan ini menjadi kesan tersendiri. Awalnya program kerja pengadaan plakat air terjun ini tidak ada di kelompok KKN VDR 038. Namun, saat itu dari desa memberi masukan agar tidak sama dengan proker KKN sebelumnya. Kami awalnya bingung, terdapat usulan proker minyak jelantah dan bunga mawar, namun pelaksanaan itu tidak mudah dan perlu waktu lama.

Kemudian sembari kami memetakan kondisi desa, kami menemukan bahwa ada potensi yang belum tergali dari desa ini yaitu air terjun. Air terjun ini letaknya membutuhkan akses yang belum terbangun. Dari sini kami berkoordinasi dengan DPL. Sayangnya, karena masa pandemi dan kegiatan pembukaan akses air terjun membutuhkan banyak orang dan berpotensi berkerumun DPL tidak menyetujuinya. Kemudian kami diberikan saran bisa membuat plakat dan nantinya bisa diserahkan saja ke desa. Kami telusuri dan survei tempat air terjun yang tersembunyi.

Sendang kamulyan merupakan air terjun dengan karakteristik bentuknya yang unik. Keunikan tersebut terletak pada bentuk dinding air terjun yang melengkung sempurna. Dengan tinggi pancur mencapai 250 meter, Air Terjun Sendang Kamulyan yang tidak banyak orang yang ketahui kecuali masyarakatnya lorejo sendiri. Air Sendang Kamulyan adalah air terjun terindah yang baru kita temui di Blitar.

Selain indah, air terjun berlokasi sekitar 1,5 km dari Balai desa Lorejo, atau tempatnya berada Desa Lorejo, Kecamatan Bakung Blitar, Air Terjun Sendang Kamulyan menjadi salah satu lokasi wisata alam terbaik yang belum terjamah oleh masyarakat luar desa Lorejo. Air Terjun ini memang diperuntukkan bagi mereka yang gemar petualangan. Pasalnya untuk sampai ke lokasi air terjun, menyusuri dua jalur yang terdekat sekitar 100 meter kondisi jalannya menanjak dan jalur ke dua melewati perkebunan warga sejauh  500 meter melalui jalan setapak. Lokasinya yang masih alami dan airnya yang jernih, menjadikan Sendang Kamulyan sebagai salah satu air terjun terindah yang saya temui di Blitar.

Air Terjun Sendang Kamulyan di desa Lorejo, Blitar ini bisa diibaratkan sebuah harta karun rahasia yang menyimpan keindahan alam luar biasa. Hal ini bukan sebuah istilah mutiara saja, karena memang letak air terjun ini yang berada jauh dari keramaian dan untuk mencapainya Anda harus menembus hutan dan perkebunan serta menaklukkan medan yang cukup menguras tenaga.

Namun, jika Anda berhasil melahap segala tantangan maupun rintangannya, semua rasa lelah dan jenuh dipikiran Anda akan hilang seketika saat melihat betapa menakjubkannya pemAndangan air terjun di Lorejo ini.

Butuh Usaha Ekstra untuk Dapat Melihat keindahannya

Seperti yang telah kami singgung diatas, letak air terjun ini benar benar tersembunyi, berada melewati jalan yang berlumpur dan licin jika terkena hujan dan tersembunyi di balik hijaunya hutan dan luasnya persawahan. Anda akan membutuhkan sedikit usaha ekstra untuk menaklukkan jalurnya.

Maklum karena wisata alam ini benar benar tersembunyi, bahkan area parkir maupun toilet pun tidak ada bila kita mau kesana harus parkir dirumah warga setempat, setidaknya Anda membutuhkan waktu 15–30 menit untuk menuju air terjunnya, tapi pertama–tama Anda harus melalui jalur setapak yang masih bisa di jangkau dan akrab dengan tanjakan maupun turunan, menapaki jalan tanah dan berbatu, barulah Anda bisa mencapai lokasinya.

Namun setelah Anda melihat dengan mata kepala Anda sendiri, semua rasa lelah dan pegal dalam pikiran dan badan Anda akan hilang semua dan tergantikan dengan rasa takjub luar bisa memAndang keindahan Air Terjun Sendang Kamulyan. Dan jika kalian datang di waktu yang tepat, kalian bisa melihat pantulan cahaya pelangi bersanding dengan indahnya Air Terjun Sendang Kamulyan.

Satu hal yang patut disyukuri dari Air Terjun Sendang Kamulyan ini ialah alamnya yang masih sangat asri dan terjaga, hal ini bisa terlihat dari banyaknya pepohonan hijau yang menyelimuti area sekitar air terjun.

Ditambah dengan airnya yang terasa dingin dan segar, jika Anda membasuh wajah dengan air yang mengalir ini, pasti akan sangat menyegarkan. PemAndangan sekitarnya juga menambah kesan alam yang enak dipAndang. Serta karena letaknya yang berada di kaki gunung, udara dan hawanya terasa sangat sejuk. Jika Anda membutuhkan tempat untuk refreshing, maka tempat ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi.

Tips Jika Ingin Berwisata Ke Air terjun Sendang Mulyan

Berikut kami berikan tips dan saran untuk Anda yang ingin berwisata menuju Air Terjun Sendang Mulyan, sebaiknya Anda menyiapkan segala sesuatu sesuai tips yang kami berikan ini sebelum berangkat, karena tips ini akan sangat berguna saat Anda memulai perjalanan menuju lokasi.

Siapkan Stamina Anda

Seperti yang kami jelaskan di atas, lokasi air terjun ini benar benar tersembunyi dibalik hutan dengan akses jalan yang naik turun dan penuh tantangan. Jadi, sebelum kesini sebaiknya Anda perlu berlatih meningkatkan stamina agar tidak cepat lelah.

Gunakan Alas Kaki Yang Nyaman

Berikutnya adalah gunakan alas kaki yang nyaman untuk perjalanan menembus medan menuju air terjun. Akan sangat baik jika Anda menggunakan sepatu trekking atau sepatu hiking dan pastikan yang memiliki bahan cepat kering, karena Anda juga akan menyusuri medan berlumpur (bila terkena Hujan).

Bawa Bekal Sendiri

Ini cukup penting untuk Anda perhatikan jika tidak ingin kelaparan atau kehausan di tengah perjalanan, mengingat warung makan disini hanya ada di pemukiman warga jauh Air terjun, dan dari area parkir menuju lokasi air terjun cukup jauh. Jadi, akan nyaman jika Anda membawa makanan ringan dan minuman botol sendiri.

Tapi ingat! Jika Anda membawa bekal sendiri, pastikan untuk tidak meninggalkan sedikitpun sampah di area ini. Karena alamnya yang masih sangat terjaga, tentu jika terdapat sampah berserakan, akan membuat buruk dan merusak ekosistem alam disini.

Bawa Pakaian Ganti

Jika Anda ingin bermain basah basahan di air terjun, Anda tidak perlu khawatir jika membawa pakaian ganti.

Pastikan Baterai Handphone / Kamera Anda Full

Poin ini mungkin menjadi yang paling penting bagi kaum milenial atau bagi mereka yang gemar mengoleksi foto, tentu akan sangat menjengkelkan jika sudah menempuh jarak jauh, melewati medan yang penuh tantangan, naik turun lembah dan sawah, namun saat sampai di lokasi Air Terjun Sendang Kamulyan dan ingin mengabadikan foto, baterai Anda ternyata habis dan perlu di isi daya.

Mengingat lokasinya yang berada di area hutan, tentu tidak akan Anda temui charge station. Jadi solusi terbaiknya adalah pastikan semua perlatan elektronik Anda dalam kondisi full charge, atau bawa baterai cadangan untuk kamera Anda.

Inilah info, tips dan saran tentang Air Terjun Sendang kamulyan yang bisa kami bagikan kepada Anda, semoga bermanfaat dan dapat menjadi panduan jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Saat kesini, pastikan Anda tidak meninggalkan sampah sedikitpun, cukup tinggalkan jejak saja yang akan menjadi pengingat bahwa Anda pernah melihat keindahan alam air terjun yang ada di Jawa Timur ini.

Harapan kami melalui plakat yang sudah diberikan nantinya wisata ini bisa dibuka untuk umum. Sementara sudah kami lakukan membuat konten dan mengikutsertakan pada lomba Fotografi wisata di media sosial. Semoga yang kami lakukan ini akan mempromosikan wisata ini. Terimakasih buat bapak bambang Ismaki selaku Kepala Desa Lorejo sudah menerima kami untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan Sejarah panjang juga buat kami Kelompok KKN VDR-038 untuk mendirikan Plakat Sendang Kamulyan yang akan nantinya menjadi wisata baru didesa Lorejo, Kecamatan bakung Blitar.

Dinda Dwi Pawestri Hayuningtyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Thursday, Oct 28, 2021