Tambakrejo, 17/2/2021- Desa Tambakrejo adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Sumbergempol, memiliki penduduk yang cukup banyak dengan usia rata-rata penduduk adalah generasi muda, mulai dari anak-anak hingga remaja. Dengan jumlah generasi muda yang cukup banyak, menjadikan desa Tambakrejo memiliki harapan yang besar untuk bisa meningkatkan potensi yang ada di desanya di masa depan dengan lebih baik.

Generasi muda desa Tambakrejo ternyata tidak kalah dengan generasi muda desa lainnya. Hal ini dibuktikan dengan jumlah Pendidkkan Formal (SD/MI) dan Informal (Madin dan TPQ/TPA) yang tetap bersemangat masuk seperti  biasa untuk menuntut ilmu, baik ilmu pengetahuan umum dan agama.

“Sistem pengajaran TPQ/TPA yang dijalankan oleh ustadz/ustadzah wilayah Desa Tambakerejo itu dengan membagi setiap ustadz/ustadzah mengampu sepuluh anak-anak karena menyesuaikan dengan Prokes (Protokol Kesehatan)”. Demikian tutur Bu Nining, salah satu perangkat serta ustadzah TPQ.

Hal tersebut menarik hati Teman-teman Devisi Moderasi Beragama, untuk memberikan apresiasi dan dukungan atas semangat yang dimiliki generasi muda desa Tambakrejo, khususnya anak-anak.

Dengan berbekal informasi dari Bu Nining, sebagai bentuk apresiasi dan dukungan untuk tetap meningkatkan kompetensi yang dimiliki, selagi masih kecil. Yaitu Lomba menghafal surah pendek(Juz 30) dengan pesertanya adalah Seluruh anak-anak usia 5-12 tahun yang belajar di TPQ/TPA atau Madrasah Diniyah di desa Tambakrejo.

Dengan konsep kegiatan yang menarik, yaitu dengan konsep virtual. Yaitu dengan alur, mendaftar melalui contac Person via WhatApps mulai tanggal 8–11 Februari 2021  kemudian serta mengirimkan video rekaman hafalan surah yang dipilih tanpa diedit pada tanggal 11–13 Februari 2021 dan penilaian video yang dilakukan tanggal 13-14 Februari 2021 . serta pembagian hadiah pada tanggal 17 Februari 2021 bertempat di balai desa Tambakrejo. Dengan tetap mengikuti Protikol Kesehatan.

“Saya merasa sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh adik-adik KKN, karena meski didalam keadaan pandemi tetap bisa memberi motivasi dan dukungan terhadap anak-anak kami di desa Tambakrejo, semoga bermanfaat dan somoga juga dilancarkan untuk skripsi-an”. Tutur salah satu wali santri ketika pembagian Hadiah di Balai desa. (CO Moderasi Beragama KKN VDR-005, Mustaghfiroh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Thursday, Oct 28, 2021