26/02/2021-Divisi Antologi Buku mengadakan donasi buku dengan tujuan untuk menebarkan manfaat bagi dunia literasi, khususnya di wilayah Desa Kradinan Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Donasi buku ditujukan ke SDN 1 Kradinan dan SMPN 2 Pagerwojo.

Total buku yang didonasikan berjumlah 84. Beberapa genre buku yang didonasikan antara lain; buku pelajaran jenjang SD, SMP, dan SMA, majalah, kamus, serta buku fiksi dan non fiksi lainnya. Adapun buku pelajaran yang diberikan harus sesuai dengan kurikulum yang masih berlaku, yakni kurikulum 2013.

Kriteria buku yang didonasikan yakni; tidak mengandung unsur SARA atau pornografi, buku baru atau pun lama asalkan layak baca, berupa buku pelajaran yang sesuai dengan tingkat SD, SMP, dan SMA (Bukan LKS), berupa fiksi maupun non fiksi, cocok dibaca untuk anak-anak dan remaja, serta jumlah buku tidak dibatasi.

Donasi buku dilaksanakan selama 16 hari sejak 05 Februari 2021-20 Februari 2021. Wilayah penerimaan donasi dibagi menjadi lima, yakni Tulungagung, Malang, Sidoarjo, Gresik, dan Jombang. Di mana setiap wilayah terdapat penanggungjawab masing-masing untuk dikumpulkan di Desa Kradinan.

Sebelum membagikan buku donasi, beberapa anggota divisi antologi buku KKN VDR 099 mengkonfirmasikan pihak sekolah pada Kamis, 25 Februari 2021. Yakni ke SDN 01 Kradinan dan SMPN 02 Pagerwojo. Ketika anggota divisi antologi menawarkan untuk menyalurkan donasi, seorang guru di SDN tersebut memberitahukan keadaan perpustakaan yang sangat mempertihatinkan. Akhirnya kami berinisiatif untuk melakukan bersih-bersih perpustakaan pada Jumat, 26 Februari 2021 sekaligus memberikan buku donasi.

Buku adalah jendela dunia, gudangnya pengetahuan dan ikon peradaban bagi seluruh bangsa di dunia. Ketika buku itu luluh lantak, pastinya peradaban suatu negeri sedang tidak baik-baik saja. Artinya buku menjadi salah satu elemen penting dalam pembangunan negeri, khususnya dalam dunia pendidikan. “Daripada buku itu dibuang, alangkah baiknya jika didonasikan sehingga bermanfaat untuk seluruh umat,” ucap salah satu anggota divisi antologi, Novita Ayu Rachmawati.

84 buku yang terkumpul dipilah berdasarkan jenjang pendidikan agar sesuai dengan umur peserta didik. Jumat, 25 Februari 2021 lima anggota divisi antologi melakukan kerja bakti untuk membersihkan perpustakaan SDN Kradinan 01 usai menyerahkan donasi buku. Penyerahan donasi diberikan kepada Ibu Tina Susanti selaku Kepala sekolah SDN Kradinan 01.

Beliau menyatakan jika keadaan perpustakaan sangatlah memprihatinkan. Oleh karena itu buku-buku yang ada akan dipilah sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan sisanya dibumihanguskan. Lima orang anggota divisi membantu membersihkan perpustakaan dengan penuh antusias. Menata buku, membersihkan meja, kursi, dan beberapa dokumen laporan pembelajaran (RPP, Prota, promes, dan raport siswa).

Setelah donasi dan kegiatan kerjabakti selesai, dilanjutkan penyerahan donasi ke SMPN 02 Pagerwojo. Tim divisi disambut oleh Bapak Fatkhurrahman, salah satu guru di SMPN 02 Pagerwojo sekaligus merangkap sebagai dosen MPI pascasarjana di IAIN Tulungagung. Kemudian mengambil dokumentasi foto. Kegiatan donasi berlangsung dengan lancar meski terdapat beberapa kendala, di antaranya buku-buku yang didonasikan ada yang tidak sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Sehingga tim divisi harus memilih dan memilah buku dengan cermat.

Dengan adanya donasi buku diharapkan memberikan kemanfaatan untuk seluruh umat. Terutama masyarakat di daerah pegunungan seperti Desa Kradinan. Sebenarnya donasi buku yang hendak disampaikan ke pihak pemerintah desa dipending dan dialihkan ke sekolah-sekolah karena memang perpustakaan desa masih dalam tahap pembangunan. (NAR-UUSY-RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021