Ngantru, Tulungagung- Di masa pandemi ini, kampus IAIN Tulungagung melaksanakan KKN Virtual Dari Rumah (KKN VDR). Meski dalam kondisi pandemi tak menyurutkan pengabdian kelompok KKN-VDR 102 untuk tetap mengabdi. Kelompok KKN VDR-102 bertempat di desa Pucung Lor Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung.

Di desa yang sudah dipilih ini, kelompok KKN 102 tidak memiliki posko, dikarenakan masih adanya pandemi covid-19. Meskipun tidak menetap ataupun menginap di desa, kelompok KKN 102 tetap mengabdi dengan segala upaya yang diharapkan mampu memberi efek kebermanfaatan.

Karena masih dalam suasana pandemi covid-19, kegiatan baksos ini tetap menerapkan social distancing serta menerapkan protokol kesehatan. Mencuci tangan sebelum dan setelah beraktiviras serta wajib menggunakan masker. Dalam kegiatan ini melibatkan teman-teman anggota kelompok 102 yang berada di area karesidenan Kediri.

Dalam rangka mematuhi kebijakan pemerintah yang menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Yang masih diterapkan di beberapa kota atau kabupaten. Meski virtual setidaknya kerja nyata tetap bisa diabdikan di masyarakat.

Salah satu kegiatannya adalah bakti sosial ini dengan membersihkan masjid bersama teman-teman IPNU desa Pucung Lor. Pada tanggal 14 Februari 2021 bertepatan pada hari minggu.

Sebelum dimulainya kegiatan, anggota kelompok 102 beserta rekan IPNU berkumpul di balai Desa Pucung Lor untuk berkoordinasi satu sama lain. Dalam pelaksanaan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah masjid yang akan dibersihkan.

Dengan dibantu teman-teman IPNU bersama-sama membersihkan masjid. Dilanjutkan dengan membersihkan masjid bersama rekan IPNU. Dengan adanya rekan IPNU dapat membantu teman-teman kelompok KKN dalam menjangkau tiap masjid yang ada di Desa Pucung Lor.

Setelah sesi bersih-bersih selesai, selanjutnya dilakukan penyerahan Al-Qur’an serta tempat sampah di tiap-tiap masjid. Dengan begitu diharapkan adanya kebermanfaatan berjangka panjang dari kelompok 102, pada desa Pucung Lor kecamatan Ngantru.

Serta dengan bakti sosial membersihkan masjid dapat menjaga para jamaah yang beribadah dapat terjaga kebersihan dan kesuciannya. Dengan kegiatan luring ini semoga dapat meningkatkan solidaritas baik antar anggota kelompok maupun kelompok dengan pihak desa.

“Dengan adanya kegiatan bersih-bersih masjid oleh kelompok KKN VDR IAIN Tulungagung, membantu kami dan masyarakat sekitar. Serta sebagai bentuk sosial teman-teman di Desa Pucung Lor. Dan terima kasih untuk penambahan fasilitas berupa alquran dan tempat sampah.”, tutur Moh Faridl Ulul Azmi selaku Ketua IPNU ranting Pucung Lor. (Kelompok KKN-VDR 102, Erika Sinta Sari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021