Tulungagung –  Desa Kates adalah salah satu desa yang berada di kecamatan kauman yang sebagian besar wilayahnya di dominasi dengan tanah sawah yang luas, di desa Kates inilah  tempat KKN-VDR Kelompok 80 berlangsung. Walaupun dalam keadaan pandemi tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk bersikap empati dan peduli terhadap sesama sekaligus terus bersosialisasi walaupun terbatas jarak.

Melihat banyaknya tanah kosong dibiarkan terbengkalai dan tidak menghasilkan manfaat devisi berdesa berinisiatif untuk membuat program kerja berupa penanaman bibit di lahan kosong. Pengambilan tempat penanaman sudah berkoordinasi dengan pihak desa sekaligus sudah mendapatkan persetujuan. Lokasi penanaman pun dipilih Pak Kasun berada di sekitar waduk yang mana tanah tetap dalam keadaan lembab sehingga  bibit mudah untuk hidup.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Februari 2021 yang dihadiri oleh 4 anak perwakilan kelompok dan beberapa perangkat desa yang turut andil membantu Pembatasan anggota yang hadir dan datang berpartisipasi terbatas dengan tujuan agar dalam melaksanakan kegiatan tidak terjadi kerumunan.

Dalam kegiatan penanaman ini bibit yang ditanam adalah jenis tanaman produktif, yaitu bibit Pepaya. Memilih tanaman papaya karena disamakan dengan nama desa, yaitu desa Kates yang mana nama jawa dari buah papaya adalah kates. Bibit papaya yang ditanam berjumlah 100 buah yang ditanam diberbagai tempat agar merata.

Selain untuk mengoptimalkan lahan kosong agar tetap asri dan hijau, tujuan utama dari kegiatan penanaman bibit adalah agar tanah bisa memiliki banyak manfaat, terlebih bibit yang ditanam adalah bibit pepaya sehingga apabila sudah besar akan berbuah dan bahkan bisa dibudidayakan menjadi perkebunan papaya. “Bibit ini jika sudah besar dimaksudkan bisa diambil buahnya, dan siapa saja boleh mengambilnya” Kata Pak Kasur salah satu perangkat desa kates, Rabu (10/02/2021).

Pengoptimalan lahan kosong inilah yang seharusnya menjadi inovasi saat ini karena selama ini lahan tersebut hanya sebagai tempat mencari rumput untuk pakan ternak, dengan kegiatan ini semoga bisa menjadi pandangan kedepannya dan juga bisa dijadikan sebagai lahan perkebunan. Tak lupa juga dalam melaksanakan penanaman bibit ini selalu mematuhi protokol kesehatan yang ketat mengingat sampai saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Tuesday, Nov 30, 2021