TULUNGAGUNG – Mahasiswa KKN VDR kelompok 23 melakukan kegiatan bersih desa di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Sabtu 6 Februari 2021. Keantusiasan para masyarakat juga perlu diacungi jempol. Dengan melakukan kegiatan yang sangat-sangat membantu masyarakat ini berpotensi agar bersihnya desa dan menjaga kenyamanan masyarakat. Pekarangan maupun keliling rumah warga juga turut dibersihkan.

Tak lupa area sekitar masjid juga dibersihkan agar para jama’ah yang biasa salat di masjid juga terjaga dari kebersihan dan kesuciannya. Dengan begini kerukunan dan sikap saling gotong royong antar warga juga terjalin dan nantinya dapat terus diterapkan kedepannya. Pada kegiatan bersih desa kali ini, kewajiban menjaga protokol kesehatan juga tetap dijaga dan dipatuhi.

Dengan kegiatan ini, mahasiswa juga menambah keakraban dengan masyarakat Desa Junjung. Mereka juga sangat ramah, solidaritasnya juga tinggi, dan pastinya sosialisasi dengan mereka juga sangat mudah dan menyenangkan. Jika dilansir dari beberapa berita yang terbit setiap hari, banyak sekali kasus kesehatan dan bahkan bencana yang tiada hentinya. Maka dari itu kita sebagai masyarakat yang perlu berhati-hati dan tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah dan menghindari kerumunan.

Dengan adanya kebijakan tersebut menandakan bahwa kebersihan sangat penting digalangkan terutama kita yang sering di rumah. Karena walaupun kita sering meremehkan sesuatu yang kecil bahkan sampah sekalipun bisa berakibat fatal jika tidak dibersihkan, apalagi dibuang di sungai dan menyumbat aliran sungai, akhirnya bisa mengakibatkan banjir. Dari banjir bisa banyak sarang penyakit yang timbul seperti penyakit kulit, DBD, dan sebagainya. Maka dari itu terapkan kesadaran diri untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, tubuh dan masyarakat semua.

Dilaksanakan KKN VDR (Kuliah Kerja Nyata Virtual Dari Rumah) menandakan bahwa yang harus melaksanakan pengabdian terhadap masyarakat secara langsung menjadi terbatasi karena adanya covid-19 yang mengharuskan untuk tetap di rumah dan tidak melakukan aktivitas yang berkerumun. Maka kami selaku perwakilan dari KKN VDR 023 melakukan koordinasi pada pihak pemerintah Desa Junjung yang mana dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Februari 2021.

Dengan melakukan koordinasi ini sebagai tujuan awal kita untuk izin kepada pemerintah Desa Junjung agar diperkenankan untuk melaksanakan kegiatan di desa tersebut. Dengan catatan bahwa yang mengikuti atau yang terjun langsung membantu masyarakat dibatasi dari pihak kampus sendiri. Sehingga yang melakukan kegiatan secara luring adalah mahasiswa yang sekiranya berada di wilayah Tulungagung dan tidak berpotensi mengalami riwayat penyakit.

Dengan disetujuinya oleh pihak pemerintah Desa Junjung maka kami kelompok KKN VDR 023 sudah resmi boleh melaksanakan kegiatan secara luring di desa tersebut dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021