Rabu, 05 Februari 2020
Plumbangan – Pembelajaran PHBS adalah pembelajaran tentang perilaku hidup bersih dan sehat yang ditujukan kepada anak usia 5–7 tahun, dengan memberikan wawasan tentang pentingnya menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Rabu, (5/2) teman-teman KKN IAIN Tulungagung di Desa Plumbangan posko 2 divisi kesehatan berkolaborasi dengan divisi pendidikan untuk melaksanakan program kerja di TK PGRI Precet Plumbangan.

Program kerja divisi kesehatan berupa sosialisasi PHBS kepada anak serta mengajak anak-anak gosok gigi dan cuci tangan bersama. Pembelajaran perilaku hidup bersih sehat dimulai dengan pemanasan senam kecil, yang disusul pembagian sikat gigi dan pasta gigi dari KKN Plumbangan 2. Berbagai sikat gigi dan pasta gigi diberikan secara gratis kepada 30 siswa TK PGRI Precet Plumbangan. Hal ini dilaksanakan untuk menggugah semangat anak-anak melakukan praktik sikat gigi dan cuci tangan bersama.

Divisi kesehatan memberi contoh dengan memperagakan cara menggosok gigi dengan baik dan benar di depan kelas. Tahap selanjutnya mereka memberi wawasan bagaimana cara untuk mencuci tangan yang benar, dengan meberikan sabun cair dan dipraktikan bersama. Anak-anak sangat luar biasa berantusias mengikuti acara tersebut. Tak lupa mereka juga mendapat hadiah sikat gigi dan pasta gigi baru dari KKN Plumbangan 2.

Koordinator divisi kesehatan, Mohammad Rizal Hanafi mengatakan “Tujuan melakukan sosialisasi ini untuk kedepannya supaya anak-anak selalu melakukan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melakukan sikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam, dan melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah makan”. Acara diakhiri dengan bernyanyi – nyanyi dan foto bersama.
KKN Desa Plumbangan 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021