BLITAR – Bumirejo, Kesamben – Posyandu (Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu) kegiatan ini nerupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

Pada hari Rabu, 5 Februari 2020 Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung di desa Bumirejo posko 2 mengikuti salah satu kegiatan desa yaitu posyandu balita di dusun Sumberbendo Selatan.

Kegiatan posyandu balita ini dimulai pada pukul 08.00-12.00 WIB yang dihadiri oleh ibu-ibu kader posyandu dan juga ibu Bidan Lilik Puji Astuti serta ibu-ibu balita.

Kegiatan yang dilakukan meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan juga cek kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui tingkat stunting anak di dusun sumberbendo selatan.

Pada kegiatan pendampingan posyandu ini dari pihak mahasiswa KKN diikuti oleh saudari Desy Ro’izatul Azizah, Ita purnama sari, Nur kumala sari, Laili Munjidah, dan Rikha Maulidia. Balita yang mengikuti posyandu berjumlah sekitar 40 anak.

Kegiatan posyandu ini diawali dengan pendaftaran, penimbangan balita, mengukur tinggi badan, kemudian menyerahkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang mana didalam buku ini berisi catatan kesehatan ibu (hamil, bersalin dan nifas) dan anak (bayi baru lahir sampai anak usia 5 tahun).

Serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak. Kemudian diberi PMT (Pemberian Makanan Tambahan) makanan yang diberikan meliputi agar-agar dan kue basah nagasari.

Mahasiswa KKN menyampaikan, “Terdapat 5 meja dalam kegiatan posyandu, meja 1 digunakan untuk pendaftaran balita, meja 2 digunakan untuk mengumpulkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), meja 3 digunakan untuk menulis data berat badan dan tinggi badan balita”.

“Kemudian meja 4 digunakan untuk mendata usia balita untuk mendapatkan vitamin A warna biru (usia 6-11 bulan) dan merah (usia 12-59 bulan), dan meja 5 digunakan untuk pemberian vitamin A. Vitamin A ini diberikan secara gratis setiap bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya”, Tambahnya.

Pada kesempatan posyandu balita di dusun sumberbendo selatan kali ini, ibu bidan memberikan penyuluhan kepada ibu balita tentang membiasakan menabung sejak usia dini dengan menggerakkan ibu-ibu balita untuk mengikuti program yang diadakan oleh ibu bidan.

Dengan adanya program ini ibu bidan sudah menyediakan berupa buku tabungan secara gratis untuk dibagikan kepada ibu ibu balita. Hal ini sangat perlu diperhatikan terutama untuk tumbuh kembang anak agar terbiasa menabung sejak dini.Devisi Lingkungan Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Aug 18, 2022