Dusun Sumberagung merupakan salah satu dusun yang sangat religius di desa Sumberagung. Ini terbukti dengan adanya banyak kegiatan religius meliputi maulid diba’, berjanji, yasinan, manakiban dan pengajian.

Kegiatan di dusun Sumberagung ini terbagi menjadi dua wilayah, wilayah utara dan wilayah selatan. Wilayah utara meliputi RT 5/RW 01 sampai RT 3/RW 1, sedangkan wilayah selatan meliputi RT 1/RW 1 sampai RT 5/RW 1.

Ibu-ibu di desa Sumberagung sangat antusias menyambut anak-anak KKN yang ingin bergabung dan mengikuti rutinan ibu-ibu Muslimat dan yasinan. “Kami sangat senang dengan adanya anak-anak KKN yang ikut serta dan menghidupkan kembali rutinan dan Tiba’an di desa sumberagung” ujar Ibu Tarwiyah dalam percakapan kami saat pulang dari yasinan muslimat (12/01).

Ahad ini rutinan bertempat di rumah Ibu Sukiyah. Rangkaian acaranya dimulai dari pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an, kemudian pembacaan Maulid Diba’ dan Asroqal lalu diakhiri dengan doa. Pembawa acaranya yaitu Ibu Istiqomah. Pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an dilantunkan oleh saudari KKN, Ilma Naela Fadlilah.

Penulis: Ilma, Duwika dkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Tuesday, Jul 27, 2021