Bumirejo, Kesamben– Desa Bumirejo Kesamben terdapat berbagai jama’ah dalam hal kegiatan keagamaan yang rutin diadakan di desa, seperti halnya kegiatan yasinan, diba’, dan berjanji.  Dengan adanya berbagai kegiatan keagamaan tersebut, divisi keagamaan mengajak semua anggota KKN Bumirejo 2 Kesamben untuk berkontribusi mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menciptakan kedekatan dengan masyarakat desa Bumirejo.

Kegiatan keagamaan seperti yasinan, diba’, dan berjanji dilaksanakan rutin setiap minggu di desa bumirejo. Sedangkan dalam pelaksanaan dari berbagai kegiatan keagamaan tersebut meliputi yasinan dilaksanakan setiap Hari Jum’at jam 13.00 – 15.30 WIB dan setelah kegiatan yasinan selesai lalu dilanjutkan dengan sholat ashar berjama’ah di tempat tersebut. Diba’ setiap malam rabu dilaksanakan pada jam 19.00 – 21.30 WIB, dan berjanji dilakukan setiap malam minggu dilaksankan pada jam 19.30 – 22.30 WIB. Bertempat di rumah-rumah warga secara bergilir.

Dari berbagai jadwal rutin di atas, ada beberapa jadwal khusus setiap bulan yang menjadi acara besar dalam jamaah yasinan Bumirejo Kesamben. Kegiatannya meliputi khatmil quran setiap Jum’at Legi bertempat di masjid Bumirejo, dan sema’an bersama Hafidzoh Quran setiap Minggu Pahing se-Kecamatan Kesamben yang dilaksanakan secara bergilir di  masjid desa se-kecamatan.

“Di sini ada 5 Jama’ah Yasinan, nanti Mbak-Mbak KKN bisa dibagi di masing-masing jama’ah. Nanti bisa mimpin yasinan, diba’, dan berjanji juga” tutur Bu Maya, Ketua Muslimat Kecamatan Kesamben sekaligus penggerak kegiatan keagamaan Desa Bumirejo kepada koordinator Divisi Agama, Muhammad Faris Firdaus.

Seperti yang telah dituturkan oleh ketua muslimat, dari berbagai kegiatan (yasinan, diba’, dan berjanji) di desa  bumirejo  ini dibagi menjadi 5 jama’ah dari masing-masing jama’ah tersebut terdapat minimal 30 orang dan  maksimal  sampai 40 orang. Total mencapai hampir 200 orang yang rutin mengikuti jama’ah yasinan, diba’ dan berjanji. Terhitung hanya di Dusun Bumirejo. Sedangkan total jamaah yang ada di Desa Bumirejo ada sebanyak 19 jama’ah.

“Karena ada Mbak-Mbak KKN, maka Mbak-Mbak KKN yang mimpin yasinan nggih” tutur salah satu jama’ah di suatu kesempatan. Bukan hanya berkontribusi sebagai jamaah, tapi KKN Bumirejo 2 Kesamben juga berperan penting dalam berlangsungnya kegiatan keagamaan di Desa Bumirejo. Mengingat Desa Bumirejo adalah desa di lereng gunung yang di mana bacaan-bacaan al-Quran dan ilmu agama mereka masih kurang. Maka kami KKN Bumirejo 2 Kesamben diberi mandat untuk memimpin berjalannya beberapa kegiatan keagamaan. (Divisi Agama Bumirejo 2, Fatimah)

      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 24, 2020