Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung Tahun 2020, mengawali salah satu programnya yang berupa senam kebugaran lansia di Dusun Bebekan, Desa Doko, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Acara yang bertempat di salah satu rumah warga ini mendapatkan sambutan hangat warga desa khususnya para lansia, dengan jumlah lansia yang hadir kurang lebih mencapai 15 orang, tampak para lansia yang hadir sangat bersemangat dan tertarik dengan program senam lansia.

Seseorang dapat dikatakan lanjut usia (lansia) apabila usianya 65 tahun ke atas (Setianto, 2004). Lansia bukan suatu penyakit, namun merupakan tahap lanjut dari suatu proses kehidupan yang ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan stress lingkungan.

Senam lansia merupakan olahraga ringan danmudah dilakukan, tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Aktifitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap segar karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021