Pelatiha Batik Tulis di Desa Kedawung

Ibu-ibu PKK Desa Kedawung Kecamatan Nglegok memiliki beberapa program salah satunya pelatihan batik tulis bertempat di balai desa. Kegiatan kali ini diikuti lebih dari 15 ibu-ibu dari Desa Kedawung yang terdiri dari beberapa dusun seperti Dusun Salam, Dusun Kedawung, dan Dusun Sidodadi, diawal acara ibu kepala desa Sugiati memberikan apresiasi dan semangat kepada peserta pelatihan supaya apa yang dihasilkan dari pelatihan ini bisa bermanfaat. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 25 Januari 2020 dan bertepatan dengan tahun baru imlek. Acara dimulai pada jam 09.00 sampai selesai.

Kegiatan kali ini merupakan kegiatan kedua kalinya setelah seminggu yang lalu sudah melakukan kegiatan yang sama selama tiga hari berturut-turut, mulai tanggal 18 – 20 Januari 2020. Ibu kepala desa mengatakan kepada kami “bahwa kegiatan ini perlu untuk membuat karakter dan ciri khas ibu-ibu PKK Desa Kedawung dengan menghasilkan sebuah karya yang nantinya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, selain itu kegiatan ini juga menjawab tantangan zaman di era modern bahwasanya ibu-ibu disini juga berkarya mengikuti zaman melalui karya seni batik tulis dengan hiasan yang sangat indah”. Sedangkan Bu Uswatun menyampaikan “program ini sudah ada dari desa sejak lama, tetapi baru dilaksanakan oleh PKK mulai tahun ini”.

Peserta KKN Desa Kedawung mengikuti kegiatan pelatihan batik tulis

Bahan yang dibutuhkan dalam proses membatik yang pertama yaitu kain mori, canting, pemanas, lilin batik atau malam, dan pewarna. Langkah-langkah dalam melakukan batik tulis yaitu membuat desain sesuai dengan kreatifitas, mewarna desain dengan menggunakan cotton bud, setelah itu dijemur sampai kering, di beri waterglass supaya warnanya tidak mudah pudar, kemudian diangkat dan diperas, didiamkan semalaman agar waterglass dapat meresap dengan baik, kemudian cuci dengan air lalu direndam dengan air panas dan dikeringkan. Ibu-ibu mengikuti arahan dari pelatih dengan antusias dan sesekali mereka bertanya kepada pelatih yang mereka belum pahami.

Ibu-ibu PKK Memulai Kegiatan Pelatihan Batik Tulis

Program ini sangat membantu bagi para peserta KKN, karena dengan adanya program ini para mahasiswa lebih mengetahui bagaimana proses pembuatan batik tulis mulai dari awal hingga akhir. Selain itu, para mahasiswa juga bisa membuat trobosan dalam hal pemasaran karena mereka lebih mahir di dunia maya apalagi di era sekarang semua serba digital sehingga ilmu mereka bisa membantu ibu-ibu PKK dalam hal pemasaran. Kegiatan ini akan terus berlanjut setiap seminggu sekali tiap hari Sabtu di balai desa Kedawung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Tuesday, Jul 27, 2021