Slumbung, Blitar – Pos Pelayanan Terpadu atau yang biasa disebut dengan Posyandu merupakan layanan cek kesehatan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu dimulai dengan melayani balita (imunisasi, timbang berat badan), ibu hamil, ibu menyusui dan posyandu untuk orang lanjut usia atau biasa disebut posyandu lansia. Sedangkan posbindu atau Pos Pembinaan Terpadu merupakan salah satu peran masyarakat dalam melakukan pemantauan atau deteksi dini faktor resiko dari PTM (Penyakit Tidak Menular). Faktor resiko tersebut seperti halnya merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi dan lain-lain.

Seperti di desa Slumbung sendiri posyandu dan posbindu di laksanakan setiap satu bulan sekali. Kali ini tim devisi kesehatan kami ikut serta dalam membantu pelaksanaan jalannya posyandu lansia dan posbindu. Posyandu lansia biasanya diikuti oleh para pra lansia (mulai usia 45 tahun) dan para lansia (mulai usia 60 tahun) dan posbindu diikuti oleh kelompok masyarakat yang berusia diatas 15 tahun.

Posyandu lansia dan posbindu di Desa Slumbung dilakukan di beberapa pos terdekat yang terbagi di setiap RT yang ada di desa Slumbung.  Pada tanggal 18 Januari 2020, posyandu lansia dilaksanakan di pos mawar yang berada di Rt.02 Rw.02 Gang Macan. Posyandu lansia di posyandu mawar biasanya diikuti oleh sekitar 30 orang pra lansia dan lansia.

Proses jalannya posyandu lansia dimulai dari para lansia masuk dan mengisi daftar hadir. Kemudian cek berat badan dan tensi darah. Selanjutnya para lansia ada yang dianjurkan untuk melakukan cek gula darah. Sedangkan untuk posbindu dilakukan pada hari Senin tanggal 27 Januari 2020. Posbindu dilaksanakan di gedung balai desa Sumbung dan diikuti oleh kurang lebih 40 orang.

Posbindu dimulai dengan setiap orang melakukan pendaftaran kemudian cek riwayat kesehatan keluarga, cek berat badan dan lingkar perut, cek tinggi badan, tensi darah dan yang terakhir setiap orang akan mendapatkan jajanan yang sudah disiapkan oleh petugas. Dengan adanya kesempatan itu digunakan oleh tim divisi kesehatan dan lingkungan hidup untuk membantu para petugas posyandu dan posbindu yang sedang bertugas.

Ketika posyandu lansia dilaksanakan, kami membantu para lansia untuk mengisi daftar hadir, juga membantu membagikan jajanan untuk para lansia yang sudah melakukan cek kesehatan. Sedangkan ketika posbindu, kami membantu pengecekan berat badan, lingkar perut, dan tinggi badan. Adapun tujuan dari posyandu lansia sendiri adalah agar para lansia dapat melakukan pengecekan berat badan, tensi darah, dan cek gula darah secara teratur dan dengan adanya posyandu lansia dapat memudahkan para lansia untuk melakukan cek kesehatan dengan dibantu oleh para bidan yang bertugas secara gratis. Dan tujuan Posbindu adalah meningkatkan peran masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM (Penyakit Tidak Menular).

Posbindu memiliki manfaat membudayakan gaya hidup sehat dengan berperilaku CERDIK, yaitu Cek kondisi kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktifitas fisik, Diet yang sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola Stres. (Tim Divisi Publikasi dan Komunikasi Posko Slumbung 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021