Belajar bersama, Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita, ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya, pendidikan tidak akan ada habisnya. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Kita dididik menjadi orang yang berguna baik bagi Negara, Nusa, dan Bangsa. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga (pendidikan informal), lingkungan sekolah (pendidikan formal), dan lingkungan masyarakat (pendidikan nonformal).

Disini kami dari devisi pendidikan mempunyai program ‘Belajar Bersama’ yang lebih menekankan pada pendidikan nonformal karena peranan lingkungan masyarakat juga sangat penting bagi anak-anak dan karena pendidikan nonformal lebih mudah disesuaikan dengan keadaan seseorang dan lingkungan maka pendidikan lebih terhadap kehidupan masyarakat. Hal ini berarti memberikan gambaran tentang bagaimana kita hidup bermasyarat. Berikut program devisi pendidikan dalam hal “ Belajar Bersama” yaitu mengajarkan anak-anak sekitar posko KKN Soso 1 mulai dari tingkatan Paud, TK, SD, SMK untuk belajar bersama. Peserta/anak-anak yang mengikuti  “Belajar Bersama” sekitar 30 anak. Mereka sangat antusias untuk mengikuti program tersebut sampai belum dimulai Belajar Bersamanya sudah banyak anak-anak yang datang ke posko KKN Soso 1. Ada macam-macam agenda dalam “Belajar Bersama” antara lain membahas tentang materi pelajaran untuk besuk atau membantu mengerjakan PR.

Devisi pendidikan juga mengadakan program ini bertujuan untuk membantu belajar adik-adik yang kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran yang ada di sekolah. Dalam program “Belajar Bersama” ini kami juga memfokuskan program baca tulis untuk mengajarkan adik-adik khususnya pada tingkatan/kelas TK – SD (kelas 1-3 SD) untuk pandai membaca dan menulis. Di program “Belajar Bersama” ini adik-adik yang mengikuti sangat antusias mulai dari tingkatan TK, SD, SMK. Di program “Belajar Bersama” ini diadakan setiap 3 hari sekali yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Jum’at mulai pkl 18:00-19:30 WIB. Setiap pertemuan dalam “Belajar Bersama” kami tidak melulu mengajar adik-adik dengan mengerjakan soal-soal pelajaran atau membahas PR. Tapi kadang kala kami menyisipkan atau menyelingi dengan game atau tebakan yang bertujuan untuk menstimulus kerja otak agar lebih rileks melalui bermain dengan belajar. Kami berharap dengan adanya program “Belajar Bersama” banyak memberikan manfaat khususnya bagi adik-adik tersebut.

 (Devisi Pendidikan Soso 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 28, 2022