Bumirejo – Rasa gembira akan kebersamaan dengan teman antar regu di gugus depan SDN 3 Bumirejo, itulah yang dirasakan oleh sebagian siswa kelas 4 dan 5 yang antusias mengikuti kegiatan Pramuka yang diisi oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Tulungagung.

Dengan latar belakang kepramukaan yang dimilikinya, Dyah Khoirunnisak yang sekaligus CO dari Devisi Pendidikan dan Teknologi di posko 1 mengajak siswa SDN 3 Bumirejo untuk mengikuti kegiatan Pramuka guna meningkatkan kualitas kerjasama, saling menghargai dan menimbulkan rasa solidaritas antar siswa. Hal ini dilakukan mengingat pada era Digitalisasi seperti saat ini, banyak anak-anak yang terjerumus pada hal-hal yang belum semestinya mereka masuki.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya mengajak siswa membuat yel-yel, latihan baris berbaris hingga permainan yang mengusung prinsip kerjasama antar kelompok. Hal tersebut dilakukan karena saat ini Kurikulum 2013 yang diterapkan oleh pemerintah mewajibkan adanya kegiatan Pramuka bagi seluruh siswa. Pramuka merupakan kegiatan yang penting, karena Pramuka merupakan wadah utuk seorang anak untuk mengetahui kemampuan mereka dan juga mencari tahu bagaimana karakter mereka masing-masing, dengan penanaman nilai moral dan disiplin untuk siswa di sekolah dasar.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 14.00 –  15.00 siang yang diikuti sekitar 30 siswa dari kelas IV dan V. Meneladani para pendahulu pramuka yang ada seperti Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang pernah menjelaskan bahwa pramuka dilambangkan dengan tunas kelapa, yang memiliki makna berguna di setiap aspek kehidupan, mulai dari buahnya, kayunya, daunnya, bahkan sampai serabutnya. (Mukhammad Taufiq S, Posko Bumirejo 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Dec 5, 2020