Tempat ibadah tentu saja identik dengan sifatnya yang suci dan bersih. Apalagi bagi umat Islam yang memang diajarkan mengenai thaharah sendiri.

Kebersihan masjid maupun mushalla dalam hal ini patut menjadi perhatian penting. Sebagai mahasiswa IAIN, saat pertama kali datang ke dusun Bulurejo, kondisi madjid pun cukup menarik perhatian kami.

Sejak beberapa hari pertama kedatangan kami, tepatnya hari minggu (12/01/20) gerakan kerja bakti di masjid secara rutin pun mulai dilakukan. Pada hari itu, kami berangkat sejak pukul setengah 9 pagi untuk memulai kerjabakti.

Selanjutnya kami pun mulai membersihkan beberapa sisi masjid, mulai dari menyapu keseluruhan, mengepel teras, hingga membersihkan rumput di halaman. Beberapa hal yang cukup kami soroti adalah, tampaknya perhatian pada kebersihan masjid ini cukup perlu ditingkatkan lagi.

Meski pada dasarnya pembangunan bangunan baru disebelahnya memang sedang dilakukan. Paling tidak dengan kebersihan ruangannya yang kian meningkat, aktivitas ibadah di sini semakin nyaman. Demikian juga kegiatan belajar mengingat setiap sore hari masjid tersebut digunakan untuk Madrasah Diniyah.

Alhamdulillah, sejauh ini kegiatan kerja bakti di Madjid Darussalam oleh mahasiswa KKN IAIN Tulungagung sudah berjalan 2 kali.

Setelah hari minggu tersebut, kegiatan dilakukan lagi pada hari Jum’at (17/01/20), tepatnya menjelang shalat Jum’at dilakukan. Kegiatan kerja bakti hari Jum’at ini memang dilakukan dalam rangka mempersiapkan kebersihan dan kesucian masjid untuk shalat Jum’at.

Bagi kami kegiatan ini sangat penting digalangkan untuk menjamin kesucian masjid dan meningkatkan kenyamanan beribadah shalat Jum’at di sana. Terlebih mengingat bahwa jama’ah shalat Jum’at di Masjid Darussalam pun cukup banyak.

Rencana ke depannya, kegiatan kerja bakti rutin di Masjid Darussalam ini akan terus digerakkan selama masa KKN di Dusun Bulurejo berlangsung. Kami pun berencana mengajak serta para siswa Madrasah Diniyah untuk melanjutkan kegiatan rutin ini.

Tujuannya adalah membiasakan mereka untuk senantiasa peduli terhadap kebersihan masjid sebagai tempat ibadah umat Islam, khususnya Masjid Darussalam yang setiap hari pun mereka datangi.

Di samping itu, kami pun berharap kegiatan ini akan terus berlangsung meski masa KKN sudah berakhir. Baik dilanjutkan oleh para remaja, masyarakat maupun siswa madin di sekitar masjid.

Selain masjid, program kerja bakti rutin tersebut juga akan dilakukan secara rutin oleh mahasiswa KKN Desa Resapombo (posko 1) di balai Dusun Bulurejo. Lokasi ini pun banyak digunakan untuk berbagai kegiatan penting masyarakat dusun tersebut.

Ditulis oleh Div. Komunikasi dan Informasi Kelompok 1 Desa Resapombo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Tuesday, Nov 30, 2021