Wonotirto, Blitar—Pada hari Minggu tanggal 19 Januari 2020 telah diadakan acara khotmil Quran yang bertempat di rumah Bapak Jito selaku ketua RT 05 Dusun Sumberwungu Desa Wonotirto Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Acara ini dimulai pada pukul 07.30. dalam perjalanan dari posko menuju tempat acara, para mahasiswa KKN Desa Wonotirto 1 melewati jalan menanjak lalu turun, kemudian menanjak lagi, lalu turun di pertigaaan menikung dan belok kanan. Seusai melewati pertigaan, kami disambut dengan jalanan bebatuan yang terjal dan tak luput dari kontur tanah yang naik turun.

Ketika sampai di lokasi khotmil quran, kami disambut dengan hangat oleh tuan rumah. Namun, ternyata acara sudah dimulai. Tapi itu tidak masalah, karena kami langsung menempati tempat duduk yang masih kosong. Acara ini digelar layaknya acara pengajian pada umumnya yang lesehan—tanpa meja maupun kursi. Lalu, di tengah-tengah lingkaran para jamaah tersedia makanan suguhan.

Pada acara ini, setiap orang membaca 1 juz. Namun, beberapa orang ada yang membaca 2 juz. Setelah pembacaan quran selesai, lalu dilanjutkan dengan pembacaan dzikir dan doa bersama. Doa-doa yang dilantunkan berisi doa untuk leluhur yang telah meninggal, doa untuk pembangunan masjid di sekitar dusun agar segera selesai dan lancar. Lalu, pemimpin doa juga tidak lupa mendoakan para mahasiswa KKN Wonotirto 1 agar senantiasa lancar dalam menempuh studi dan sukses di masa depan.

Pukul 10.30 acara telah selesai dan para mahasiswa KKN berpamitan untuk pulang. Dengan menghadiri acara khotmil Quran ini diharapkan para mahasiswa KKN dan jamaah lain bisa lebih mendapatkan keberkahan dalam menjalani kehidupan ini. (Dilla Hardina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021