JUGO, KESAMBEN – Kegiatan KKN IAIN Tulungagung di Desa Jugo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar telah berlangsung. Mahasiswa bahu membahu membuat program dan terjun ke masyarakat. Di Desa Jugo sendiri terbagi menjadi 2 posko. Posko 1 bertempat di dsn. Sanan Lor dan posko 2 bertempat di dsn. Plampangan.

Dalam posko 1 terdiri dari 20 anggota yang terbagi menjadi 5 divisi: diantaranya divisi sosial budaya dan keagamaan, pendidikan dan teknologi, ekonomi, kesehatan dan lingkungan hidup, komunikasi dan publikasi. Beberapa divisi di posko 1 DFesa Jugo sendiri telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat sekitar, sepeti halnya bidang Sosial Budaya dan keagamaan yang telah mengikuti beberapa kegiatan masyarakat yaitu yasinan rutin dan membantu mengajar ngaji TPQ anak-anak di sore hari dan ba’da magrib.

Kegiatan yasinan untuk kaum laki-laki dilaksanakan pada malam jumat, sedangkan untuk kaum perempuan di dsn. Sanan ini terbagi menjadi 3 kelompok yasinan yang dilaksanakan pada hari selasa sore (1 kelompok) dan minggu malam senin (2 kelompok). Untuk kegiatan mengajar ngaji TPQ berlangsung setiap hari kecuali hari kamis malam jumat dan jumat.

Beberapa hal menarik yang berada di Dusun Sanan yaitu masyarakatnya tidak hanya beragama muslim namun juga terdapat agama Hindu dan di Dusun Sanan ini juga terdapat tempat suci atau pura. Pada tanggal 01/14/2020 di rumah salah satu warga Dusun Sanan bernama ibu Yayuk mengadakan acara doa bersama bagi umat beragama Hindu dan beberapa dari kami diperbolehkan untuk ikut serta dan membantu dalam acara tersebut.

Hal ini sangat berkaitan erat dengan toleransi yaitu saling menghargai antara individu atau antara agama dan toleransi sangat diperlukan di kalangan masyarakat. Dan dari ibu Yayuk sendiri sangat welcome kepada kami jika ingin ikut serta atau membantu jika ada acara dan kegiatan.

Dari divisi pendidikan dan teknologi sendiri telah mengadakan bimbingan belajar untuk anak PAUD yang dilaksanakan setiap hari sedangkan bimbingan belajar untuk anak SD yang juga dilaksanakan setiap hari dengan pembagian jadwal sebagai berikut: hari minggu, selasa, kamis untuk anak kelas 1,2,3 dan hari senin, rabu, jumat untuk anak kelas 4,5,6.

Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan waktu belajar dan juga tenaga pengajar yang ada. Divisi kesehatan dan lingkungan hidup juga telah berpartisipasi aktif dalam membantu kegiatan posyandu balita, posyandu lansia dan juga kegiatan imunisasi balita yang dilakukan di balai desa Jugo.

Yang terakhir dari divisi ekonomi jugo telah berartisipasi dalam “Pelatihan Pengembangan Industri Kecil Tingkat Desa Jugo” dan juga melakukan kunjungan di salah satu rumah warga dsn. Sanan Lor untuk melihat pembuatan kue lapis (01/12/2020).

Selain itu juga melakukan survei kampung cireng yang terletak di dsn. Sanan Kidul. Bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN haruslah ikut serta dalam kegiatan masyarakat agar kelak setelah lulus sudah tau ataupun mengerti bagaimana menempatkan diri mereka di kalangan masyarakat. (Dell, Al, Dan, Rof)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021