SOSO, GANDUSARI – 19 Januari 2020. KKN (Kuliah Kerja Nyata) IAIN Tulunggung desa Soso, khususnya Devisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup beserta rekan-rekan KKN desa lain ikut serta dalam kegiatan Senam Tera se-Kecamatan Gandusari yang dilaksanakan di Lapangan Sumber Agung, Kec Gandusari, Kab. Blitar.

Sekitar pukul 06.00 WIB, masyarakat Desa Soso beserta rekan-rekan KKN (Kuliah Kerja Nyata) berkumpul di Balai Desa sebelum menuju ke lokasi. Kemudian bersama Ibu Sugiarti selaku Ibu Lurah Soso berangkat bersama-sama menuju Lapangan Sumberagung menggunakan mobil desa yang dikemudikan oleh salah satu rekan KKN, namun ada beberapa yang memilih untuk mengendarai motor sendiri. Antusias masyarakatpun dapat dilihat dari banyaknya peserta senam yang datang. Kegiatan Senam Tera ini diikuti dari beberapa kalangan baik remaja, ibu-ibu bahkan lansia serta rekan-rekan KKN.

Sebelum Senam Tera dilaksanakan, terdapat beberapa sesi acara. Pertama, acara dimulai dengan pembukaan dari pembawa acara. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian sesi sambutan dan doa bersama. Sambutan disampaikan oleh Bapak Bambang Setiaji selaku Camat dari Kecamatan Gandusari. Beliau menyampaikan mengenai ungkapan terima kasih atas waktu dan antusias masyarakat untuk kegiatan Senam Tera tersebut. Beliau juga menyampaikan sedikit informasi kepada masyarakat untuk ikut aktif dalam kegiatan Senam Tera yang akan dilaksanakan guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Selanjutnya salah satu rekan KKN (Kuliah Kerja Nyata) IAIN Tulungagung, juga ikut serta mengisi acara Senam Tera ini dengan memimpin do’a bersama-sama.

Pukul 08.00 WIB, peserta Senam Tera beranjak membentuk formasi untuk memulai senam tersebut. Kegiatan Senam Tera ini dipandu oleh 5 orang pemandu senam dari Desa Sumberagung. Senam Tera dilaksanakan dengan berbagai gerakan dan diringi musik tradisonal maupun modern. Peserta senam mengikuti gerakan pemandu dengan semangat. Gerakan senam diawali dengan gerakan-gerakan untuk melatih persendian dan otot. Gerakan selanjutnya bertujuan untuk melatih pernapasan. Setelah 30 menit berlangsung, peserta dipersilahkan untuk minum dan istirahat sejenak sebelum senam dilanjutkan.

Senam dilanjutkan dengan gerakan yang lebih semangat dan atraktif. Para peserta semakin bersemangat untuk melaksankan senam sampai selesai. Setelah selesai senam, semua peserta dipersilahkan untuk menikmati sarapan yang telah disiapkan oleh panitia berupa nasi pecel. Rasa lelahpun hilang seketika berganti dengan rasa kebersamaaan.

Sambil menikmati sarapan, peserta dihibur dengan penampilan Bapak Camat yang mempersembahkan sebuah lagu. Ada juga dorprise yang akan diberikan kepada peserta dengan goyangan paling heboh.

Akhirnya, acara berakhir dengan lancar. Semoga kegiatan ini selanjutnya bisa tetap berjalan dan memberikan banyak manfaat terhadap semua peserta.

(Devisi Kesehatan & Lingkungan Hidup Soso 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021