Resapombo, Kesamben – Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung di Desa Resapombo ikut terlibat dalam kegiatan masyarakat. Mereka terlibat dalam kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Keluarga Berencana- Kesehatan Terpadu).

Kegiatan ini, temasuk kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Dengan kata lain, posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di posyandu antara lain imunisasi bayu dan balita, pemelihaan kesehatan bayi dan balita, penimbangan bulanan, pemberian makanan tambahan.

Kegiatan pelayanan program terpadu biasanya dilaksanakan di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya yang selanjutnya disebut dengan posyandu (Pos Pelayanan Terpadu).

Pada pagi itu, 17 Januari 2020 posyandu yang terletak di desa resapombo, kecamatan doko, kabupaten blitar dibantu mahasiswa KKN IAIN Tulungagung yang bertugas di Desa Resapombo melakukan kegiatan imunisasi pada lansia (lanjut usia), timbang berat badan, tensi darah, cek gula darah, cek kolesterol, dan senam lansia.

Selain itu, mahasiswa KKN ikut memberikan materi seputar penyuluhan demam berdarah, penyuluhan TBC (Tuberculosis). Materi tersebut diberikan menggunakan metode ceramah. Materi berisikan tentang bagaimana gejala dari penyakit demam berdarah, gejala penyakit TBC, cara menghindari serta menangani penyakit demam berdarah maupun TBC.

Para lansia warga desa resapombo begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka begitu bersemangat untuk mengikuti kegiatan. Peserta yang mengikuti kegiatan sekitar 30 orang dengan rata-rata usia 60 tahun. Kegiatan diawali dengan penimbangan, setelah itu melakukan penyuluhan, dan selanjutnya senam bersama.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk serta merta menjaga kesehatan, karena kesehatan merupakan poin penting yang harus diperhatikan. (Devisi komunikasi resapombo3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 28, 2022