Resapombo, Doko – 17 Januari 2020 di dusun Krajan, desa Resapombo – Doko – Blitar, dilaksanakan kerja bakti. Kerja bakti disini dapat berupa membersihkan lingkungan, melancarkan aliran selokan atau got, merapikan tanaman, memperbaiki fasilitas publik tertentu yang pada intinya saling membutuhkan jasa tenaga tetangga atau yang lainnya. Hal ini sangat positif, lingkungan menjadi bersih, sehat, segar dan terang. Disini kerja bakti diakui sebagai salah satu wujud kehidupan bertetangga.

Ini dilakukan oleh lingkungan tetangga tertentu, misalnya RT atau RW. Disini dipercaya kemuliaan banyak diperoleh dari kehidupan bertetangga, termasuk melalui kerja bakti ini. Biasanya, di kota kerja bakti belum begitu mendapat respon baik dari orang – orang sekitarnya, karena kebanyakan penduduknya individual, selain itu juga disibukkan dengan kegiatan dikantornya, Berbeda dengan kerja bakti di perkampung atau pedesaan, penduduk di lingkungan yang seperti itu ada motivasi lain untuk mengikuti kerja bakti.

Motivasi itu karena murni ingin membantu lingkungan, atau untuk gotongroyong dan manfaat sosial,silaturrahmi dan juga olahraga. Pada umumnya di tempat lain melaksanakan kerja bakti pada pagi hari, berbeda dengan dusun krajan, desa resapombo ini melaksanakan kerja bakti pada pukul 14.30.

Kerja bakti sangat penting dilaksanakan di desa, karena merupakan wujud kepedulian kita terhadap lingkungan dan juga wujud kebersamaan. karna beragamnya agama, kerja bakti di disini di masukkan sebagai rutinan desa agar saling mengenal, menghargai dan menyatu antar agama tersebut. Mencintai lingkungan juga termasuk mencintai diri sendiri. Penulis : Devisi komunikasi resapombo3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021