SOSO, GANDUSARI – Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan desa Soso, Kec. Gandusari, Kab. Blitar ini terdapat dua posko. Posko 1 berjumlah 21 anak, yang di dalamnya terdiri dari 16 mahasiswa perempuan dan 5 mahasiswa laki-laki yang berada dikediaman Mas Faisal. Sedangkan posko 2 berjumlah 20 anak yang didalamnya  terdiri dari 15 mahasiswa perempuan dan 5 mahasiswa laki-laki yang berada dikediaman Bapak Lurah.

KKN gelombang pertama ini berlangsung selama 35 hari yaitu mulai dari tanggal 10 Januari 2020 sampai 15 Februari 2020. Dimana nantinya akan ada program-program kerja yang akan dilaksanakan atas dasar bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan atas persetujuan dari kepala lurah beserta perangkat desa. Program kerja ini nantinya akan dimulai setelah acara pembukaan selesai.

Dengan mengusung tema “Resiliensi Sosial Untuk Indonesia Maju” dengan harapan agar mahasiswa KKN dapat meningkatkan pemberdayaan yang ada di desa supaya desa semakin maju, selain itu juga untuk menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat. Selasa, 14 Januari 2020 digelar acara pembukaan KKN IAIN Tulungagung 2020 yang bertempat di Balai Desa Soso. Panitia yang terlibat dalam acara pembukaan KKN tersebut adalah gabungan dari posko 1 (Soso 1) dan posko 2 (soso 2). Pembukaan KKN ini dihadiri oleh Kepala Lurah beserta perangkat desa, Bhabinsa, Dosen pembimbing Lapangan, Korcam, dan Tokoh Masyarakat. Dalam pembukaan acara tersebut masyarakat memberikan antusias yang sangat baik

Dalam acara tersebut terdapat beberapa sambutan, sambutan mulai dari Koordinator Desa, Koordinator Kecamatan,  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan Kepala Desa Soso. “Kita KKN di Desa Soso harus menjaga etika dan tata karma terhadap siapapun, baik terhadap masyarakat, antar teman seposko maupun dengan teman beda posko, kita harus bersungguh-sungguh dalam mengabdi dan membantu masyarakat sekitar dan dalam menjalankan program kerja yang telah direncanakan.” ucap Koordinator Desa.

“Saya berharap dengan adanya mahasiswa KKN IAIN Tulungagung kali ini dapat mengembangkan potensi yang sudah ada maupun yang belum terlihat, sekaligus juga dapat menjada stabilitas keamanan di desa Soso ini.” Ucap Kepala Desa Soso.

Sedikit berbeda dengan apa yang diucapkan oleh bapak DPL kali ini, beliau berpesan “Mahasiswa KKN untuk tetap menjaga akhlakul kharimah, dan menjaga nama baik almameter kampus”. beliau juga secara simbolis menitipkan kita ke Kepala Desa Soso.

Dengan adanya pembukaan KKN IAIN Tulungagung 2020 di desa Soso,mahasiswa KKN berharap dapat memberikan kontribusi berupa pelatihan, penyuluhan, sosialisasi, dan pengembangan dari beberapa devisi supaya desa Soso semakin maju.

(Sendy Anggita_Soso 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Jun 27, 2022