BANGSRI, NGLEGOK – Dalam rangka penghijauan lahan di Desa Bangsri Kecamatan Nglegok, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Tulungagung bersama Bapak Kapolri dan Kepala Desa se-Kecamatan Nglegok melakukan kegiatan penghijauan dan penanaman pohon meliputi pohon avokat dan durian. Penghijauan ini di lakukan untuk mencegah bencana alam misalnya banjir dan longsor, serta menambah jenis tanaman yang ada di desa bangsri dan hasil dari penanaman ini bisa di nikmati oleh warga desa di kemudian hari.

Jika kami melihat disekeliling daerah sini banyak sekali lahan kosong, dan jarang sekali di manfaatkan oleh warga sekitar karena minimnya pengetahuan tentang pengelolaan tanah, padahal tanah di sini sangat subur dan dapat di tanami tumbuhan apapun. Melihat peluang tersebut kami sebagai Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertempat di Desa Bangsri melakukan kerja sama bersama kepala desa dan kapolri setempat untuk berpartisipasi dalam acara penanaman pohon di desa bangsri. Tanaman yang kami tanam berupa pohon buah-buahan ada beberapa tanaman buah-buahan yang disiapkan oleh pihak panitia.

“Kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon di lakukan untuk mencegah bencana alam misalnya banjir dan tanah longsor serta menambah jenis tumbuhan yang ada di desa bangsri. Kebetulan juga semua pohon yang akan ditaman didapat dari batuan Pemerintah Kota Mojokerto”, kata Kepala Desa setempat.

Hal tersebut sangat diapresiasi dan didudukung penuh oleh perangkat desa dan juga masyarakat setempat karena melihat sangat baik sekali hasil atau dampak yang dihasilkan. Penanaman pohon tersebut dilakukan pada hari Rabu, 15 Jnuari 2020 di lahan yang sudah disiapkan mulai pukul 09.30 sampai selesai. Penanaman pohon pertama sebagai awal dilakukan oleh Bapak Kapolri Kecamatan Nglegok kemudian diteruskan oleh Bapak Camat sebagai sebuah bukti mendukung penuh kegiatan tersebut, dan selanjutnya di teruskan oleh seluruh lurah/ kepala desa yang ada di Kecamatan Nglegok. Kami sebagai Mahasiswa KKN yang bertempat di Desa Bangsri juga ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Akhirnya setelah kegiatan penanaman pohon selesai diharapkan masyarakat bisa ikut merawat dan menjaga pohon yang telah ditanam sampai pohon tersebut bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat sekitar Desa Bangsri. Selain itu diharapkan masyarakat juga dapat mengembangkan atau menumbuhkan benih tanaman baru untuk ditanam kembali agar tetap terlestarikan.

(Vina Nurma Yunita, ahmad zakky  dan Ninik Isnaini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Tuesday, Jul 27, 2021