Penulis : Divisi Komunikasi dan Publikasi posko 2 Resapombo

Resapombo, Blitar – Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata melakukan kegiatan harian yaitu ikut membantu proses belajar mengajar sebagai wujud bakti Mahasiswa pada Dunia Pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Tri Darma Perguruan Tinggi Pendidikan dan Pengajaran. Penelitian dan Pengembangan. Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan tersebut dalam bentuk mengajar anak usia dini di Raudhatul  Athfal Thoriqul Jannah RT/RW : 003/003 Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Hal tersebut dilakukan agar mahasiswa khususnya Kuliah Kerja Nyata dapat berlatih mengamalkan ilmunya sekaligus belajar menjadi seorang guru yang menyenangkan.

 Proses belajar mengajar anak usia dini dilakukan oleh Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata dari Divisi Pendidikan diantara anggotanya adalah Nurif Fiqrotul Maghfiroh , Yustika Mega Pradina , Puteri Ayu Chandra Kirana dan Agustin Firda Diansari. Hal tersebut dilakukan  seminggu 3 kali sehari pada hari Senin, Selasa dan Rabu  pada pukul 07.00 – 09.00 pagi. Kegiatan tersebut dalam bentuk mengajar anak usia dini yang berkerja sama dengan pengurus Raudhatul  Athfal Thoriqul Jannah dan guru – guru pendidik diantaranya Ibu Sri dan Ibu Tiah yang merupakan guru tetap Raudhatul  Athfal Thoriqul Jannah.

Menurut beliau mengajar anak usia dini merupakan sebuah tantangan tersediri karena dibutuhkan kesabaran , keuletan dan keikhlasan. Sehingga dalam hal ini Mahasiswa yang ikut dalam proses pembelajaran dapat belajar menjadi seorang guru yang memiliki kesabaran , keuletan dan keikhlasan tinggi.

Proses belajar mengajar dilakukan pada pukul 07.00 dengan anak dibariskan di depan kelas dan masuk kedalam kelas sambil berjabat tangan dengan ibu guru hal tersebut dilakukan untuk menanamkan nilai kedisplinan dan budi pekerti sejak dini. Setelah anak – anak masuk kelas yang dilakukan selanjutnya adalah berdoa Al- Fatihah, dua kali syahadat, doa akan belajar . Hal ini bertujuan untuk menanamkan keimanan pada anak usia dini. Kemudian membaca Pancasila sebagai bentuk rasa nasionalisme pada Bangsa dan Negara.

Masuk pada inti proses pembelajaran yaitu proses belajar mengajar sesuai dengan jadwal dan waktu yang telat di tentukan . Pada hari senin diantaranya hafalan doa-doa  dan hadist , menyebutkan nama – nama hari , berhitung 1-20 hafalan Asmaul Husna `1-20 , hafalan surat- surat pendek Iqro’ 1 , pada selasa diantaranya menulis tantang Tema, membaca satu persatu dan maju kedepan, hari rabu diantaranya berhitung penjumlahan atau pengurangan 1-20, membaca , hari kamis adalah pelajaran seni yaitu mewarna, melipat, menggambar, membatik, Istirahat pukul 08.00-08.30 kemudian setelah istirahat menulis Arab/ Hijaiyah Kemudian berdoa kemudian Doa penutup majelis, dan salam pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021