Kesamben, Bumirejo – Salah satu kegiatan awal yang dilakukan oleh devisi pendidikan KKN IAIN Tulungagung dalam upaya membantu memahami ilmu dan pengetahuan yang didapatkan siswa-siswi disekitar posko dari sekolah formalnya, maka kami merancangkan program kerja pendidikan dengan mengadakan les gratis.

“Les gratis diadakan pada hari selasa 14 Januari 2020 tepat setelah pembukaan KKN IAIN Tulungagung di desa Bumirejo dibuka. Les gratis dimulai pada pukul 15:00 WIB setelah adik-adik sekolah mengikuti kegiatan belajar mengaji atau TPQ dan diiakhiri pada pukul 19:30 WIB”, Kata mahasiwa KKN.

“Pengadaan awal les gratis devisi pendididikan merasa kuwalahan terhadap siswa yang hadir. Siswa yang membludak ditambah lokasi yang tidak dapat menampung semua siswa yang hadir menambah suasana tidak kondusif. Karena peristiwa ini membuat pelajaran tidak nyaman, akhirnya kami membagi perkelas agar siswa dapat konsentrasi dengan belajarnya” Tambahnya.

Les yang diadakan setiap hari senin hingga rabu ini diikuti oleh beberapa jenjang kelas yang ada di Sekolah Dasar. Untuk mengantisipasi membludaknya para siswa mengikuti les gratis, maka dilakukan pembagian jadwal sesuai dengan tingkat jenjang kelas Sekolah Dasar.

Salah satu Mahasiswa KKN Menyampaikan, “Untuk kelas 1 sampai kelas 5 les gratis dilakukan pada jam 15.00 WIB (atau setelah selesai TPQ) sampai jam 18.00 WIB (sehabis jama’ah sholat  maghrib) dan khusus untuk kelas 6 les gratis dilakukan pada jam 18.00 WIB sampai 19.30 WIB”.

“Les gratis ini juga mengadakan sholat maghrib dan sholat isya’ berjam’ah di Mushola. Hal ini bertujuan untuk melatih sikap spiritual para siswa. Setiap siswa setelah melakukan sholat berjama’ah dilanjutkan dengan les kembali sampai jam 19.00 WIB” Ujarnya.

Ketua Posko KKN menyampaikan, “Suasana saat pembelajaran les sangat ramai sekali. Mereka sangat senang dan antusias dengan program les gratis ini. Ini juga memicu semangat kami, karena program yang kami adakan dapat membantu dan diterima oleh anak-anak, dan dengan hal ini kita juga dapat berbagi ilmu dengan anak-anak”.

“Banyak hal yang menarik perhatian dalam pembelajaran ini, banyak anak-anak yang sudah memiliki jenjang kelas tinggi tetapi masih memilki taraf keinginan belajar yang tidak terlalu baik. Sehingga banyak anak-anak yang belum memahami perhitungan, membaca dan literasi serta perilaku yang tidak sesuai”, Tambahnya.

Dengan adanya les ini, warga sekitar memberikan perhatian khusus untuk mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN ini dengan memberikan ubi ungu.

Ubi ungu ini diberikan kepada kami untuk diolah dan diberikan untuk anak-anak yang mengikuti les gratis ini sebagai teman belajar. Dan anak-anak juga memakan ubi ungu buatan kami. Ujar Mahasiswa Pengelola Les Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, Jan 29, 2022