KRENCENG, NGLEGOK – Bawah Lima Tahun (Balita) diberikan layanan Posyandu Balita di Desa Krenceng, Nglegok, kemarin Selasa (14/01/20).

Krenceng merupakan salah satu desa terkecil yang ada di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Di mana Krenceng selalu mendapatkan jadwal posyandu balita setiap bulan. Uniknya di desa ini, posyandu dilakukan lima kali dalam sebulan. Dibagi dalam wilayah utara, selatan, timur, barat dan gabungan keempat wilayah yang dilaksanakan tiap tanggal 29 tiap bulan.

Antusiasme ibu-ibu di Desa Krenceng patut diacungi jempol dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka menyambut dengan gembira karena kegiatan ini mempunyai tujuan positif di dalamnya. Senyum yang ramah mereka tunjukkan kepada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Tulungagung.

Posyandu unit utara dilaksanakan di rumah kediaman Kepala Desa Krenceng. Dalam acara ini dihadiri oleh ibu bidan, ibu kader, ibu kepala desa dan mahasiswa KKN IAIN Tulungagung, yang terdiri dari gabungan posko 1 dan 2. Di mana dari masing-masing posko mengirimkan 3-4 anggota untuk membantu melancarkan kegiatan tersebut. Mereka berpartisipasi mengikuti kegiatan Posyandu dari awal sampai akhir.

Sudah kita ketahui bersama bahwa posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan  oleh masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu sendiri merupakan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM). Selain itu juga, posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab Kepala Desa. Tempat pelaksanaan pelayanan Program Terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos Pelayan Terpadu (Posyandu).

Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana, dan lain sebagainya. Kegiatan posyandu ini bertujuan mempercepat penurunan angka kematian bayi, anak balita, angka kelahiran, mempercepat penerimaan NKKBS, dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan, yang menunjang sesuai dengan kebutuhan.

Kegiatan Posyandu Balita ini dimulai dengan pendaftaran nama balita yang diikuti oleh seluruh ibu-ibu yang hadir di lokasi sekaligus para mahasiswa yang turut mendampingi. Selanjutnya balita ditimbang secara bergantian. Penimbangan ini bertujuan untuk mengetahui berat badan balita mengalami peningkatan atau penurunan berat badan mereka. Dalam penimbangan ini ada juga balita yang senang saat ditimbang dan ada juga yang menangis histeris karena takut. Setelah penimbangan selesai, ibu kader melakukan pencatatan.

Kegiatan akhir dalam Posyandu ini yaitu penyuluhan yang berjudul Pentingnya Pemberian Vitamin A pada Anak Sejak Lahir yang disampaikan Bu Ninik selaku Bidan di Desa Krenceng. Untuk ibu-ibu dan balita yang sudah mengikuti prosedur diatas, mereka mendapatkan konsumsi nasi kuning. Selain kegiatan Posyandu, ada juga kegiatan jual beli makanan 4 sehat 5 sempurna di depan tempat kegiatan Posyandu. Kegiatan jual beli ini bertujuan untuk menambah dana kas kegiatan Posyandu. Kami selaku mahasiswa KKN IAIN Tulunagagung sangat mengapresiasi kegiatan rutin tersebut karena didalamnya mengandung banyak manfaat positif . Semoga kegiatan rutin ini bisa lebih baik dalam kedepannya. (Nimas Eka Hadiningrum/Krenceng 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021