Jiwut, Nglegok – 13 Januari 2020 di dusun Ngrobyong desa Jiwut – Nglegok – Blitar, dilaksanakan pembukaan KKN Reguler multisektural 2020, IAIN Tulungagung. KKN (Kuliah Kerja Nyata) pemberangkatan tanggal 10 januari, dan acara pembukaan tanggal 13 januari 2020 yang diadakan di kantor balai Desa Jiwut. Yang dihadiri beberapa tamu undangan seperti bapak Yanwar selaku kepala desa yang terkait dengan staf dan jajaranya serta dosen pembimbing lapangan (DPL).

KKN reguler multisektoral ini mengangkat tema “Resiliensi Sosial untuk Indonesia Maju” yang menjadikan dasar bagi siswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata. Mahasiswa yang mengikuti KKN di Desa Jiwut Berjumlah 40 Orang dan dipecah menjadi dua posko dan dusun berbeda, 40 Orang ini mengikuti acara pembukaan dan serah terima di Balai Desa. Banyak hal yang disampaikan oleh kepala desa dan serah terima yang disampaikan oleh dosen pembimbing lapangan.

Pembimbing lapangan bertanggung jawab penuh kepada kepala desa bersama jajaranya. DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) meminta siswa KKN dapat melakukan kegiatan dengan baik bukan untuk menggurui akan tetapi siswa mampu memfasilitasi dan belajar untuk masyarakat dan perangkat desa, yang merupakan implementasi dari teori perkuliahan. Dan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) mengharap kepada masyarakat untuk dapat menanggapi kegiatan mahasiswa KKN dengan baik.

Ada beberapa divisi yang akan sesuai dengan tugasnya yaitu divisi pendidikan dan teknologi yang akan mengembangkan pendidikan dan teknologi yang ada di Desa Jiwut. Divisi sosial dan agama yang akan mengembangkan budaya dan agama di Desa Jiwut. Divisi Lingkungan hidup dan kesehatan yang akan mensosialisasikan pola hidup sehat dan sadar Lingkungan. Divisi ekonomi yang akan dialokasikan dan mengembangkan potensi Peningkatan di Desa Jiwut. Masing-masing memiliki program-program unggulan yang akan di satukan dalam program kerja besar yang diusulkan untuk pembangunan desa juwut.
Penulis: Devisi Komunikasi dan Publikasi Desa Jiwut 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021