Sabtu, 13 Januari 2020 (Butun-Gandusari) – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung melaksanakan pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Balai Desa Butun Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.

Ketua Panitia yang merupakan salah satu mahasiswa peserta KKN menyampaikan, “Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Pembukaan KKN diikuti oleh 42 mahasiswa dan dihadiri oleh Kepala Desa beserta jajarannya, meliputi: Kepala Dusun Balong, Baos, Butun dan Jetis, Babinsa Kamtipnas, Karangtaruna, BPD, LPMD, Ibu Bidan Butun, Ketua PKK, Ketua RT/RW setempat“.

Kuliah  Kerja Nyata (KKN) Reguler Multisektoral IAIN Tulungagung gelombang I tahun 2020 ini mengangkat tema “Resiliensi Sosial Untuk Indonesia Maju” dengan tujuan menggali potensi lokal masyarakat setempat.

Sebanyak 42 mahasiswa yang ditugaskan di desa Butun terbagi menjadi dua posko, diantaranya 21 mahasiswa berada di posko I bertempat di rumah warga tepatnya di dusun Balong. Sementara 21 mahasiswa lainnya berada di posko II yang bertempat di rumah orang tua dari kepala desa Butun tepatnya di dusun Baos“, Ujar Koodinator KKN Desa Butun.

Kepala desa Butun Imam Darmawan Bagong Kusuma, menyatakan “Warga sekitar menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN IAIN Tulungagung. Dengan memberi pesan untuk membawa nama baik almamater, dengan cara melakukan segala bentuk kegiatan positif dan hal-hal yang layak dipandang baik bagi masyarakat”.

Harapan agar peserta KKN dapat menerapkan ilmu sesuai bidangnya masing-masing kepada masyarakat setempat, serta dapat meningkatkan potensi perekonomian desa Butun dengan mengadakan program yang dapat bertahan dalam jangka panjang“, Tandanya.

Moh. Abin Rois, S.Pd.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyampaikan rasa terima kasih kepada kepala desa dan masyarakat desa Butun yang telah menerima mahasiswa KKN IAIN Tulungagung.

Terima kasih kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa Butun yang telah menerima dengan layak serta atas keterbukaannya kepada mahasiswa KKN IAIN Tulungagung, dengan ini kami merasa memiliki tanggung jawab besar menjaga nama baik dan amanah kepercayaan yang telah diberikan kepada kami“, Ujarnya.

Selain itu, beliau juga menyampaikan pesan kepada semua mahasiswa bahwa KKN untuk tidak sekedar menyelesaikan tugas dan mendapat nilai bagus, tetapi harus mendatangkan manfaat bagi orang banyak.

KKN bukan hanya datang untuk menyelesaikan tugas dan mendapatkan nilai, namun peserta KKN harus mempunyai motivasi, bahwa sebuah program bukan hanya sekedar terlaksana, tetapi dapat bermanfaat serta dapat dikenang masyarakat. Bahkan, setelah tugas KKN selesai masyarakat dapat mengenangnya“, Terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021