Kotes, Gandusari – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata IAIN Tulungagung, yang ditempatkan di Desa Kotes, Gandusari, Blitar. Melaksanakan pembukaan KKN Reguler Multisektoral Gelombang pertama yang dilaksanakan di Balai Desa Kotes. Acara pembukaan ini dihadiri oleh segenap perangkat desa Kotes, dan juga sejumlah empat puluh mahasiswa KKN yang dilaksanakan pada Senin (13/01/2020).

Pembukaan KKN dihadiri oleh sebanyak 16 tamu undangan, diantaranya kepala desa beserta perangkatnya, RT dan RW dari beberapa dusun, karang taruna, anggota BPD, dan KAMTIBNAS. Tujuan dari hadirnya para perangkat desa di acara pembukaan ini selain untuk menyambut yaitu untuk memberikan masukan, gambaran dan informasi mengenai desa Kotes. Sebelum mahasiswa KKN menjalankan kegiatan di masyarakat desa Kotes.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB dan selesai pada pukul 15.00 WIB. Diawali dengan sambutan oleh Kordinator Desa, Faisal Helmi. Selanjutnya adalah sambutan dari Kordinator Kecamatan, Mahda Fuad, Dewan Pembimbing Lapangan, Pak Labib, dan terahir sambutan dari Kepala Desa Kotes Maryana, S.E.

KKN Pemberdayaan Masyarakat Multisekotoral berbasis Potensi Lokal 2020 Gelombang pertama IAIN Tulungagung ini mengangkat tema Resiliensi Sosial Untuk Indonesia Maju.

“Resiliensi sosial, Resiliensi yang dimaksud oleh tema tersebut adalah bagaimana seseorang itu mampu hidup dalam kondisi yang sulit,” ujar Koordinator Kecamatan, Mahda.

Dia melanjutkan setiap KKN tidak dapat disamakan, karena setiap wilayah, daerah, reaalitas sosialnya tidak sama. Maka dari itu dalam kondisi apapun diharapkan mahasiswa mampu menghadapi setiap kondisi tanpa banyak mengeluh. Interaksi sosial dengan masyarakat, adaptasi dengan lingkungan baru, komunikasi dengan teman-teman baru juga harus terjalin dengan baik, dan tentunya mahasiswa harus tanggap.

Korcam juga menutup sambutannya dengan menitipkan mahasiswa KKN di Desa Kotes ini kepada seluruh perangkat desa, dan perwakilan masyarakat Desa Kotes.

“Seumpami mangke enten kegiatan, enten kesibukan nopo, mboten usah isin-isin ngengken rencang-rencang KKN nggeh bu,” ujar dia.

Dosen Pembimbing Lapangan yang turut hadir juga memberikan sambutan pada acara pembukaan KKN di Desa Kotes ini. Selain menyerahkan mahasiswa KKN kepada perangkat Desa, Beliau juga memberikan pesan kepada para mahasiswa untuk belajar bermasyarakat di desa Kotes.

Sambutan terakhir yang diberikan oleh Kepala Desa Kotes berlangsung hangat dan sangat terbuka, Ia memulai pembicaraannya dengan mengenalkan perangkat Desa yang hadir pada acara tersebut. Ia mengenalkan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang berjalan di desa Kotes, dan menggring mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan.

Ia menekankan mahasiswa yang KKN untuk mengembangkan produk yang ada di masyarakat Desa, dan yang menjadi visinya adalah “One RT One Product”.

KKN di desa Kotes ini dibagi menjadi dua kelompok dan menempati dua posko. Posko pertama berada di Dusun Kotes, dan posko kedua berada di Dusun Semandingan. Masing-masing kelompok beranggotakan 20 orang. Kelompok pertama terdiri dari 15 wanita dan 5 pria, sedangkan kelompok dua beranggotakan 14 wanita dan 6 pria.

Setelah acara ditutup, dilangsungkan foto bersama kepala Desa beserta perangkatnya. Selesai foto bersama, para mahasiswa juga langsung gotong royong untuk membersihkan aula Desa Kotes yang telah terpakai acara pembukaan KKN Reguler Multisektoral Desa Kotes. (Divisi Komunikasi dan Publikasi / Imrotun Afifah/Kotes 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Aug 18, 2022