NGRENCAK – Posko 2 KKN Tematik Revolusi Mental yang bertempat di Dusun Pucung Desa Ngrencak mengadakan proker kedua yang bertema “meningkatkan pola hidup sehat melalui pengolahan tanaman obat keluarga”.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar. Alasan mengapa kegiatan ini perlu diadakan karena banyak masyarakat yang belum mampu mengolah toga dengan baik. Masyarakat hanya mengenal beberapa manfaat dari toga dengan pengolahan yang sederhana yaitu dengan direbus.

Kegiatan ini diadakan di rumah Tukimun Dusun Pucung pukul 09.00 sampai pukul 12.00. Narasumber yang diundang untuk berbagi ilmu adalah Hanif Arif Hisbullah dari Kangtori (kampung toga lestari) Desa Durenan Trenggalek. Masyarakat yang ditujukan untik kegiatan ini ialah kalangan ibu-ibu rumah tangga karena dengan melimpahnya toga diharapkan dapat meningkatkan pola hidup sehat dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi daerah.

Kangtori merupakan wisata edukasi yang mengajarkan berbagai cara pengolahan dan pemanfaatan tanaman toga untuk dijadikan produk yang bernilai ekonomis. Kangtori juga pernah mewakili trenggalek untuk lomba tingkat provinsi dibidang pemanfaatan toga. Kegiatan berlangsung dengan lancar.

Acara inti dimulai oleh narasumber dengan menjelaskan pengertian toga, macam-macam toga dan manfaat toga untuk kesehatan. Ditengah acara narasumber mengajak masyarakat yang hadir untuk senam praktis untuk mengajarkan cara hidup sehat walaupun di tengah-tengah kesibukan.

Di akhir sosialisasi, narasumber membuka sesi tanya jawab untuk masyarakat yang kurang paham dengan apa yang telah disampaikan sebelumnya. Sesi berhadiah untuk tiga masyarakat yang dapat menjelaskan secara singkat materi yang relah disampaikan sebelumnyadiadakan oleh narasumber untuk menarik perhatian dan minat masyarakat akan pemanfaatan toga lebih mendalam.

Kegiatan pada hari ini ditutup dengan kegiatan pelatihan. Kegiatan ini bertujuan mengajarkan atau memberi tahu kepada masyarakat cara pengolahan yang tepat untuk mengolah toga dan menunjukkan toga apa saja yang tepat untuk mengatasi penyakit tertentu yang didirasakan oleh masyarakat.

Masyarakat sangat antusias saat narasumber membuka kegiatan ini. Kebanyakan masyarakat merasakan sakit dipinggang, darah tinggi, asam lambung atau maag dan ada juga yang rheumatik. Isu bahaya hepatitis A juga telah masuk di dusun pucung sehingga pemanfaatan dan cara mengolah temulawak sebagai salah satu alternatif pencegahan sangat dibutuhkan.Untuk menunjukkan hasil produk yang menjadi andalan dari kangtori, narasumber menyiapkan miniman tester yang berasal dari olahan jahe untuk dibagikan kepada masyarakat.

Di akhir kegiatan secara keseluruhan, narasumber memberikan pesan untuk masyarakat untuk meningkatkan pola hidup sehat dengan rutin senam atau menggerakkan tubuh meskipun diwaktu sibuk dan memanfaatkan toga dengan cara pengolahan yang benar seperti ketika mengambil sari toga pastikan disaring terlebih dahulu. Narasumber juga membuka lebar kepada masyarakat jika ingin menjadi mitra kangtori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Friday, Dec 13, 2019