Mahasiswa KKN Revolusi Mental IAIN Tulungagung melakukan pelatihan pemanfaatan empon-empon yang terdiri dari jahe, kunyit dan temulawak sebagai obat herbal di Desa Pakel Kecamatan Pule. Langkah ini dilakukan karena rerata empon-empon sehabis dipanen langsung dijual secara mentahan oleh masyarakat.

Kegiatan ini secara umum mendapatkan respon yang baik dari ibu-ibu PKK dan para undangan. Tahap pelaksanaan meliputi pemberian informasi semua materi yang berkaitan dengan program-program kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini, karena baru pertama kali ini mereka mengikuti pelatihan tentang pengolahan empon-empon menjadi serbuk.

Para peserta juga sangat tertarik dengan keuntungan pengolahan empon-empon menjadi serbuk. Evaluasi digunakan untuk melihat keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan. Bebrapa hal yang digunakan untuk mengevaluasi adalah kehadiran peserta, aktivitas dan tanya jawab dalam diskusi serta kesungguhan dalam melakukan kegiatan. Secara keseluruhan dari 60 peserta yang diundang untuk mengikuti kegiatan, yang hadir sebanyak 50 orang dengan demikian dengan kehadiran peserta 90 persen sehingga dapat dikategorikan baik. Partisipasi dan kesungguhan para peserta sangat tinggi.

Hampir semua dari peserta menyatakan belum mengetahui tentang pengolahan empon-empon menjadi sebuk minuman bergula. Berarti penyuluhan ini relevan karena ibu-ibu PKK sudah seharusnya mengetahui bahwa empon-empon dapat diolah menjadi serbuk minuman bergula.

Tak banyak peserta memperoleh pengetahuan baru tentang manfaat serbuk empon-empon bergula dan merasa perlu memiliki pengetahuan tentang proses pengolahan empon-empon menjadi serbuk minuman bergula serta akan menyebarluaskan pengetahuan yang diterima kepada ibu-ibu yang lain. Berarti pelatihan ini diterima dan diperlukan oleh masyarakat.

Faktor pendorong kegiatan ini adalah para peserta sangat berkepentingan dengan kegiatan ini dan karena statusnya sebagai ibu-ibu yang tidak bisa lepas dari kegiatan pengolahan bahan-bahan menjadi produk yang dpat menambah penghasilan untuk unjang kesejahteraan keluarga. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Thursday, Oct 17, 2019