Kembangan – Setelah beberapa proses survey masyarakat selama beberapa hari di Desa Kembangan, kami Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung dapat mengambil sedikit problematika yang di rasa oleh warga sekitar bahwa di SDN dan TK Dharma Wanita Kembangan membutuhkan Sosialisasi terkait kebersihan juga kesehatan yang pada akhirnya terlaksanakan acara Sosialisasi Cuci Tangan dan Gosok Gigi.

Sosialisasi ini dilaksanakan bertempat di halaman SDN Kembangan pada hari Kamis (15/8/2019) yang di hadiri oleh Suwanto selaku Kepala Sekolah SDN Kembangan dan Pak Jimin (Ketua Komite). Untuk kegiatan gosok gigi disini tidak hanya sekedar cara menggosok gigi, namun juga diadakan pemeriksaan gigi, dari kerapian, kebersihan sampai kesehatan gigi satu persatu siswa SD dan TK oleh Pak Setiarso (Perawat Gigi di puskesmas).

Kegiatan Sosialisasi Cuci Tangan dan Gosok Gigi ini merupakan kegiatan awal dari Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung tahun 2019 khususnya di Desa Kembangan Posko 1. Kegiatan ini bertemakan “Aksi Kecil untuk Mewujudkan Generasi Indonesia Bersih. Di mana sasaran dari kegiatan ini adalah siswa siswi SDN Kembangan dan TK Dharma Wanita Kembangan.

Sosialisasi Cuci Tangan dan Gosok Gigi di pandu oleh Pak Setiarso (Perawat Gigi di puskesmas) serta Bu Farikha Ismawati (Bidan Polindes Desa Kembangan). Dalam acara sosialisasi ini dilakukan dengan beberapa hal dari teori sampai pada praktiknya. Demo cuci tangan dilakukan oleh Bu Rikha, selesai demo atau arahan teori cuci tangan dengan baik dan benar dilanjut dan di praktikkan oleh beberapa siswa.

Selanjutnya selesai dari praktik cuci tangan dilanjutkan dengan demo menggosok gigi yang baik dan benar, dilanjutkan dengan praktik menggosok gigi yang diikuti oleh semua siswa seusai arahan teori dari pemateri (pak Setiarso).

Setelah demo mencuci tangan dan menggosok gigi dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi pada seluruh siswa. Dalam kegiatan ini terdapat anak TK yang menangis karena takut di suntik. Dari hasil pemeriksaan ini akan ditindak lanjuti ke puskesmas jika terdapat beberapa masalah.

Penulis: Novy A. Chusna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Aug 18, 2022