KARANGTENGAH, PANGGUL – Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung di Desa Karangtengah mengadakan gerakan peduli sosial bersama masyarakat usia lanjut, 15 Agustus 2019. Pelaksanaan kegiatan bertempat di Balai Desa Karangtengah Dusun Krajan. Tema yang diambil dalam kegiatan ini yaitu β€œTetap Ceria di Usia Senja”.

Kegiatan pertama adalah sosialisasi tentang kesehatan serta pencegahan terhadap berbagai penyakit yang disampaikan oleh Bapak Sentot Amd kep, selaku Petugas Kesehatan (Perawat Penyedia) puskesmas Panggul. Sedangkan untuk peserta sosialisasi ini yaitu Bapak/Ibu Lanjut Usia Desa Karangtengah, termasuk Bapak/Ibu Petugas Kesehatan terutama Bapak mantri Yusuf petugas puskesmas Desa Karangtengah, kader posyandu dan rekan-rekan KKN IAIN Tulungagung dari posko 1 Desa Karangtengah.

Banyak yang disampaikan oleh pemateri, terkhusus untuk lebih peduli terhadap kesehatan dengan meringankan gaya hidup sehat melalui hal-hal kecil seperti melakukan senam sederhana yang dilakukan rutin pada saat pagi hari atau setelah bangun tidur, agar dapat mengurangi tingkat stres ataupun mengurangi sakit pada bagian persendian.

Kegiatan kedua dilanjutkan dengan mempraktekkan gerakan senam sederhana yang dipimpin oleh rekan-rekan KKN IAIN Tulungagung, hal ini diharapkan agar Bapak/Ibu Lanjut Usia dapat mempraktekannya sendiri di rumah.setelah senam acara dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan yakni mantri Yusuf selaku petugas kesehatan setempat yang juga dibantu oleh kader posyandu dan petugas kesehatan yang lain, acara ditutup dengan pemberian obat gratis kepada setiap peserta. Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 12.00 WIB. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Thursday, Oct 17, 2019