Tulungagung – Rabu, 14 Agustus 2019, SDN 3 Segawe peringati Hari Pramuka ke-58 dengan bazar makanan tradisional yang melibatkan mahasiswa KKN IAIN Tulungagung Dusun Soko, Desa Segawe, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Bazar makanan tradisional dibuka selepas upacara oleh kepala sekolah SDN 3 Segawe pada pukul 07.00 WIB.

Bazar melibatkan siswa dan wali murid yang gotong-royong membuat 6 stand sederhana. Stand ini berada di teras yang meliputi stand kelas I hingga kelas VI.

“SD kita mengadakan upacara yang pertama, terus yang kedua untuk mengisi kegiatan setelah upacara adalah bazar jajan atau makanan kecil yang terbuat dari beras juga ada, dari ketela juga ada, dari singkong juga ada. Pokoknya makanan kecil yang bermacam-macam gitu,” papar.

Waryatin (56) sebagai guru kelas VI di SDN 3 Segawe. Makanan tradisional yang tersedia di antaranya adalah naga sari, dadar gulung, ketan, klepon, roti ban, dan lain-lain yang bernilai jual antata Rp 500 sampai Rp 1.000.

Waryatin menambahkan mengenai makanan tradisional yang ada pada bazar merupakan iuran masing-masing kelas. Selanjutnya, mereka saling membeli makanan yang dijajakan satu sama lain. Untuk kelas yang lebih kecil, tampak wali murid menemani anak-anak mereka menjaga stand di masing-masing kelas.

“Ternyata anak-anak juga mau dan senang sekali kelihatannya. Terus wali murid juga antusias Mbak. Wali murid sejak tadi pagi membantu anak-anak untuk menyajikan jajanannya di masing-masing kelas,” lanjut Waryatin.

Mahasiswa KKN yang terlibat ikut membantu dan memeriahkan bazar dengan membeli makanan tradisional yang tersedia. Salah satu mahasiswa KKN Reguler IAIN Tulungagung di Desa Segawe, Asri (21), mengaku senang dan sangat mendukung adanya bazar semacam ini karena dapat mengenalkan produk makanan tradisional kepada anak-anak SDN 3 Segawe agar semakin mencintai tanah air mereka sendiri. (As)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 28, 2022