SAWAHAN-PANGGUL – Rabu (14/08/2019) Mahasiswa KKN Revolusi Mental menyelenggarakan Sosialisasi Karangkitri bertemakan ”pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman karangkitri”. Hal ini dilatar belakangi dari hasil pemetaan mahasiswa KKN RM yang melihat banyaknya lahan kosong di pekarangan rumah namun belum dimanfaatkan dengan optimal oleh pemiliknya.

Sosialisasi karangkitri ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran keluarga agar mau dan mampu memanfaatkan lahan kosongnya sebagai sumber pangan dan gizi. Adanya karangkitri menghasilkan kontribusi yang baik terhadap ketersediaan pangan juga kualitas konsumsi pangan dan mampu menambah pendapatan.

Tanaman yang cocok untuk karangkitri ini seperti sayur-sayuran, tomat, cabe, toga dan sejenis tanaman lainnya yang dikonsumsi setiap hari. Karangkitri ini tidak terlalu banyak membutuhkan air.

Bapak Mukhlis Riadi selaku narasumber menyampaikan supaya memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tanaman yang bermanfaat. Terkait dengan program tersebut pemerintah khususnya Jawa Timur  mengadakan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Tujuannya yang pertama  untuk memanfaatkan lahan-lahan yang kosong, yang kedua untuk memenuhi kebutuhan. Setelah kebutuhan pokok terpenuhi, kemandirian pangan dalam berumah tangga serta peningkatkan perekonomian keluarga.

“Acaranya sae, nanti saya informasikan ke masyarakat yang lain ketika pertemuan dan dapat menambah pendapatan bagi ibu-ibu” Ujar Ketua PKK Desa Sawahan

Beliau juga berharap setelah acara ini berakhir ibu-ibu menjadi lebih mandiri dan menghemat pengeluaran belanja. (Rusmah/Rodhia Sawahan 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Jun 27, 2022