PETUNG – Kami peserta KKN dari Desa Petung Posko 2 mengajarkan kepada siswa tepatnya kelas IV SDN 3 Petung untuk berhitung menggunakan Jarimatika. Jarimatika adalah singkatan dari Jari dan Matematika. Jarimatika merupakan cara berhitung matematika untuk siswa menggunakan jari tangan.

Penerapannya ditunjukkan untuk menjadikan jembatan pertama siswa memasuki dunia matematika yang dianggap sukar. Kami mengajarkan Jarimatika  kepada siswa kelas IV SDN 3 Petung karena mereka masih merasa kesulitan dalam menghitung matematika khususnya perkalian matematika. Agar pembelajaran jarimatika lebih menarik, kami kolaborasikan dengan permainan edukasi dengan media ular tangga.

Media ular tangga terbuat dari kertas karton yang diberi nomor 1 sampai 50 tidak lupa dengan gambar ular dan tangga, serta pada beberapa nomor diberi tanda berupa stempel. Selain itu, kami membuat jaring – jaring kubus sedemikian hingga dibentuk mirip dengan dadu pada permainan ular tangga namun dengan ukuran yang lebih besar.

Pelaksanaan permainan edukasi

Sebelum permainan edukasi dimulai kami mengajarkan bagaimana teori perkalian jarimatika, Setelah mereka cukup paham dengan teori dan pengaplikasian jarimatika, kami membagi siswa kelas IV menjadi 6 kelompok. Tidak lupa kami menyampaikan beberapa aturan dalam pelaksanaanya. Salah satunya ketika ada kelompok yang berhenti pada nomor yang berstempel maka kelompok itu akan mendapatkan kuis jarimatika.

Permainan edukasi tersebut berlangsung kurang lebih 2 jam. Para siswa sangat berantusias dalam permainan tersebut. Selain melatih kemampuan matematika permainan ini juga mengajarkan siswa betapa pentingnya kerjasama dalam tim.

Dalam permaian edukasi ular tangga, 3 kelompok yang terlebih dahulu mencapai finish akan menjadi pemenang dan mendapatkan reward yang telah kami siapkan. Kami merasa  sangat bangga ketika melihat mereka saling berbagi hadiah kepada temannya yang belum beruntung. Semoga dengan permainan edukasi ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam perkalian dan solidaritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021