Sabtu, 10 Agustus 2019. Posyandu Remaja “Mutiara” dipimpin oleh Reni selaku bidan desa yang didampingi perawat dan kader posyandu, memulai rutinitas posyandu bulan Agustus, di Balai Desa Gamping, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek.

Tidak seperti biasanya, dalam posyandu remaja kali ini menggandeng mahasiswa KKN IAIN Tulungagung yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Trenggalek.

Posyandu yang diikuti oleh remaja desa Gamping kali ini selain melakukan pelayanan pengecekan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA), tensi tekanan darah, konsultasi, pengukuran indeks masa tubuh dan cek Hemoglobin (HB), juga diadakan soialisasi mengenai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja.

Sosialisasi BNN ini di ikuti oleh 50 peserta dan kebanyakan dari mereka adalah pelajar. Kegiatan ini dimulai dari jam 13.00 hingga jam 15.00. Peserta diberikan pengarahan terkait bahaya narkoba serta jenis-jenis narkoba di Indonesia.

 Diera modern kalangan remaja menjadi sasaran pengedar dan bandar narkoba. Sosialisasi ini menghadirkan Zainul Adib merupakan narasumber dari BNN Kabupaten Trenggalek, mengharapkan agar anak-anak muda, khususnya remaja bisa lebih mengerti akan bahaya narkoba. “Memberantas Narkoba tak hanya menjadi tugas BNN, tapi seluruh lapisan masyarakat dan bahaya narkoba adalah tugas kita bersama” imbuhnya.

Penyadaran generasi muda melalui BNN ini betujuan untuk membentuk kesadaran mengenai bahaya narkoba bagi generasi muda. Selain itu, mereka juga dilatih untuk membentuk kepribadian yang tidak mudah dipengaruhi lingkungan yang membahayakan masa depan mereka.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh peserta posyandu remaja “Mutiara”, salah satu peserta menuturkan, “acara sosialisasi ini cukup bagus, lebih menyadarkan kita terkait penyadaran akan bahaya Narkoba, terlebih saya tadi dapat hadiah dari kakak-kakak KKN”.

Reni selaku bidan desa, menegaskan bahwa sosialisasi bahaya narkoba merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN yang sangat bermanfaat, khususnya bagi remaja di Desa Gamping karena dapat memberikan pengetahuan dan dampak negatif dari penggunaan narkoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021