SIKI, DONGKO – , Selama kurang lebih 45 hari Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Siki, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek ikut serta dalam kegiatan Posyandu yang dilaksanakan oleh Polindes Desa Siki. Setiap kegiatan yang dilakukan dari satu dusun ke dusun yang lain, mulai dari Dusun Jagul, Senuli, Ngandong, Poko, Gondang, Nguluh, Kojan, Krajan, hingga kegiatan imunasi di Polindes Desa Siki.

Di Posyandu berbagai kegaiatan dilakukan, mulai dari penimbangan, pengukuran tinggi badan, pemberian vitamin A merah mauapun vitamin A biru, mengecekan garam beryodium dan juga melakukan EMO DEMO. Kegiatan EMO DEMO dilakukan untuk Ibu-ibu supaya mengetahui bagaimana proses usia kehamilan seorang Ibu mulai dari kandungan berumur 1 bulan hingga kandungan tersebut berumur 9 bulan. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap satu bulan sekali sesuai dengan Tema yang di tentukan.

Pengecakan garam beryodium dilakukan guna untuk mengetahui apakah garam yang di gunakan ibu-ibu di rumah layak di gunakan apa tidak, sebab jika keluarga kita kekurangan yodium akan menyebabkan keluarga kita terkena penyakit Gondok. Sedangkan pemberian vitamin A yang diberikan kepada anak-anak adalah untuk menambah gizi dalam tubuh, vitamin A juga dapat mencegah terjadinya penyakit campak dan diare pada anak, dan dapat mencegah kerusakan mata.

Keikutsertaan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam kegiatan Posyandu di sambut baik oleh pihak Polindes Desa Siki dan juga masyarakat Desa Siki. Dengan harapan selain dapat membantu kegiatan posyandu, mahasiswa KKN juga mendapat ilmu yang banyak, dan mahasiswa KKN juga mampu ikut bersama masyarakat menanggulangi berbagai masalah kesehatan di Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021