Jum’at, 09 Agustus 2019. Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung menggelar acara “Pembinaan Tilawah” bertempat di masjid Baitul Mukminin, dusun Krajan, Desa Salamwates, kecamatan Dongko, kabupaten Trenggalek.

Diketahui kegiatan ini awalnya belum pernah terselenggara di Dusun Krajan, namun karena beberapa mahasiswa KKN yang bertempat di dusun ini ada yang mempunyai talenta dalam ilmu Tilawah al-Qur’an serta mempunyai keinginan untuk mengajarkan kepada masyarakat, akhirnya terselenggaralah kegiatan yang sangat mulia ini.

Sebelum terselenggaranya kegiatan ini, sebut saja Asma’ selaku mahasiswa KKN desa Salamwates mengutarakan maksudnya kepada  Muhammad Khoirul Malik selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ketika menyambangi posko Salamwates 1.

Ide Asma’ tersebut mendapat sambutan hangat dari Malik dan disetujui menjadi Program yang akan dijalankan selama 45 hari kedepan. Setelah berkonsultasi kepada Malik kemudian Asma’ mengutarakan idenya juga terkait kegiatan Pembinaan tilawah tersebut kepada Suparno selaku Lurah Desa Salamwates.

Usul dari Asma’ tersebut ternyata juga mendapat sambutan hangat dari Suparno, mengingat di desa Salamwates belum ada generasi Qori’-Qori’ahyang bisa diandalkan. Kemudian Suparno mengusulkan agar menggandeng para pemuda IPNU-IPPNU desa Salamwates.

Setelah Asma’ dan kawan-kawan KKN bermusyawarah bersama pemuda IPNU-IPPNU desa Salamwates, akhirnya telah disepakati bersama bahwa Pembinaan Tilawah ini dilangsungkan pada hari Jum’at pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai dan hari Ahad pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

Pembina dari kegiatan ini tidak lain adalah Asma’ Barirotul Chotimah selaku mahasiswi KKN desa Salamwates 1. Asma’ merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang juga tergabung dalam Tilawah IAIN Voice. Pamflet dan brosur telah dibuat dan disebar.  Akhirnya kegiatan inipun terlaksana dengan lancar. Pada minggu pertama kegiatan ini awalnya hanya diikuti 3 peserta, kemudian pada minggu kedua peserta bertambah sebanyak 10 peserta. Suatu perkembangan yang sangat amat disyukuri.

Semoga dengan keberadaan mahasiswa KKN di desa Salamwates kali ini semakin mampu memberikan manfaat kepada masyarakat, dan dengan adanya kegiatan Pembinaan Tilawah al-Qur’an ini mampu mencetak generasi Qori’-Qori’ah desa Salamwates yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 28, 2022