Mahasiswa KKN di Desa Suruh Kecamatan Suruh menggelar Festival Anak Sholeh Islami, (FASI) di Masjid Baiturrahman Jumat, 9 Agustus 2019. Festival ini diadakan untuk memperingati hari raya Idul Adha dan hari kemerdekaan RI yang ke 74 tahun. Acara di mulai sekitar pukul satu siang setelah shalat jumat

Sudah terlihat beberapa anak-anak peserta lomba yang sudah tiba di masjid. Mereka terlihat antusias menyambut acara yang akan segera berlangsung. Satu per satu peserta lomba berdatangan, lalu menulis daftar peserta dan jenis lomba yang akan diikuti.

Acara ini diawali oleh sambutan dari Ustad Arif selaku pengurus masjid Baiturrahman dan pengajar di TPA Baiturrahman. Kemudian dilanjutkan oleh para panitia FASI. Masjid yang cukup besar di bagi menjadi empat ruang. Perlombaan yang dilaksanakan pertama kali adalah lomba adzan, lomba hafalan surah pendek, lomba kaligrafi, dan lomba mewarnai kaligrafi. Lomba cerdas cermat berada pada sesi yang terakhir yang dilakukan usai shalat ashar berjamaah di Masjid Baiturrahman. Tiap-tiap lomba disiapkan dua orang juri, semua juri adalah mahasiswa KKN.

Secara keseluruhan acara FASI berlangsung dengan lancar. Lomba adzan dan hafalan surah pendek berlangsung dengan lancar, tampak sejumlah peserta malu-malu saat maju kedepan. Pada lomba kaligrafi ini juga melebihi ekspetasi, awalnya panitia khawatir jika peserta kesulitan membuat kaligrafi sesuai yang dicontohkan, tetapi kenyataannya mereka dapat melakukannya dengan mudah. Jangan meremehkan kemampuan anak kecil.

Alhamdulillah, FASI berlangsung dengan lancar, semoga diadakannya acara ini bisa menginspirasi banyak pihak kedepannya untuk membuat acara semacam ini yang lebih baik lagi. Lebih lagi kami berharap acara ini bisa membekas diingatkan adik-adik peserta lomba agar mereka kedepannya menjadi lebih berani, percaya diri, dan saling berkompetisi dalam prestasi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Tuesday, Nov 30, 2021