SUKOKIDUL, TRENGGALEK – Sabtu, 3 Agustus 2019, Mahasiswa KKN RM IAIN Tulungagung Desa Sukokidul posko 1 gelar taman baca di rumah Mbah Kabul Dusun Sukorejo. Hal ini disambut baik oleh masyarakat sekitar. Terbukti dari antusiasnya anak-anak dan orang tua mengantarkan anak mereka datang ke posko 1 untuk hadir sekaligus terlibat dalam agenda taman baca. Taman baca tersebut berjudul ”Aku Membaca Untukmu”.

“Sebenarnya pemberian nama taman baca Aku Membaca Untukmu ini saya lakukan karena saya banyak menemui orang-orang yang masih enggan membaca, oleh sebab itu ketika mereka enggan membaca. Aku yang akan membaca untuk mereka.” Ujar Ilma salah satu anggota posko 1.

Agenda itu berlangsung pukul 14.00-16.30 WIB. Kegiatan itu dimulai dengan anak-anak membaca bersama mulai dari membaca komik, majalah dll. Kemudian, dilanjutkan dengan kuis dan pemberian hadiah untuk anak-anak yang dapat menjawab beberapa pertanyaan yang telah diajukan.

Selanjutnya, rekan-rekan mahasiswa bermain drama di depan anak-anak dan orang tua mereka untuk menghibur sekaligus mengajak mereka mengambil pelajaran dari drama yang telah disajikan. Acara tersebut kemudian ditutup dengan bersholawat bersama.

Menurut penuturan Ringga salah satu pencetus ide taman baca ini diadakan untuk melihat antusias masyarakat sekitar tentang budaya literasi salah satunya membaca.

“Melihat antusias masyarakat sekitar yang baik, saya akan mencoba menawarkan kepada PEMDES Sukokidul untuk mendirikan (PERPUSDES) Perpustakaan Desa, yang nantinya setelah kami usai KKN tetap ada kegiatan serupa di desa Sukokidul ini.” ujarnya. A’raf (Posko 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Jun 27, 2022