KRADINAN – Masa kuliah kerja nyata telah memasuki pekan ketiga. Peserta KKN IAIN Tulungagung mulai menjalankan program kerja dari masing-masing divisi. Salah satu divisi yang menjalankan programnya yaitu divisi ekonomi posko 1 Desa Kradinan.

Rabu 7 Agustus 2019 semua anggota divisi ekonomi berkunjung ke rumah salah satu pengusaha olahan susu di desa tersebut. Kegiatan dilakukan guna menjalankan program kerja mereka yaitu mengetahui bagaimana susu diolah sehingga menjadi susu yang siap dikonsumsi.

Hal itu dilatarbelakangi oleh banyaknya penghasil susu sapi perah di Desa Kradinan. Namun, sebagian hasil dari susu perah tersebut oleh masyarakat dijual ke pengepul susu. Di tempat pengusaha olahan susu, mereka belajar sambil mempraktekkan cara mengolah susu.

Pertama, mereka diajarkan cara memasak susu dengan cara dipanaskan di atas kompor hingga masak. Proses yang pertama ini harus sangat diperhatikan, jangan sampai waktu memasak susu tersebut kurang ataupun lebih. Hal ini dapat merusak kualitas susu yang dihasilkan. Setelah masak, susu didinginkan dan di saring guna menghilangkan gumpalan-gumpalan susu ketika dipanaskan (bila ada).

Susu yang sudah dingin barulah dicampur dengan gula cair untuk menambah rasa manis pada susu. Ketika mencampur susu dengan gula cair, susu harus diaduk secara terus menerus agar gula cepat bercampur.

Nah, di sini ada hal yang harus dilakukan yaitu dicicipi sebelum masuk proses selanjutnya. Takaran manis dalam susu pun menjadi hal yang harus diperhatikan dengan seksama, karena bila susu terlalu manis akan menimbulkan rasa mudah bosan atau dalam bahasa jawanya eneg.
Proses selanjutnya yaitu membagi susu dalam beberapa bagian.

Setelah itu tambahkan essence. Essence berguna menambah aroma dan rasa pada susu. Ada beberapa macam rasa yang diproduksi diantaranya rasa coklat, melon, strawberry dan juga vanilla. Terakhir yaitu proses pengemasan. Kemasan produk olahan susu tersebut ada dua yaitu berbentuk botol dan cup kecil.

Susu dimasukkan ke dalam kemasan dan kemudian dipress bila kemasan tersebut berbentuk cup kecil. Selesailah sudah proses pengolahan susu tersebut dan susu siap dikonsumsi.

Setelah melalui proses yang panjang, kini divisi ekonomi telah mengetahui bagaimana cara mengolah susu agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Tujuan utama dari pembelajaran ini yaitu agar nantinya peserta KKN Gel 2 IAIN Tulungagung mampu mengolah susu sendiri di lingkungan mereka dan juga sebagai bekal untuk melakukan sosialisasi mengenai pengolahan susu.

Dari sosialisasi yang akan dilaksanakan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan motivasi dan minat yang besar bagi masyarakat desa Kradinan untuk mengolah hasil susu perahnya sendiri. Sehingga mereka tidak menjualnya secara langsung ke pengepul susu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, Jan 29, 2022