PANGGUL – Mahasiswa KKN Revolusi Mental IAIN Tulungagung Posko 2 Desa Ngrencak menggelar motivasi pendidikan pada para pelajar. Sebelumnya, mahasiswa telah melakukan pendataan penduduk di daerah Dusun Pucung, Desa Ngrencak, Kecamatan Panggul. Berdasarkan data yang kami peroleh dari sampel sebanyak 360 penduduk di daerah tersebut 65% merupakan lulusan SD. Begitu ironi melihat fenomena seperti ini.

Kami sebagai Mahasiswa juga menginginkan masyarakat Indonesia dapat meneruskan Pendidikan ke jenjang yang tinggi demi mewujudkan masa depan yang gemilang.

Karena diketahui, Dusun Pucung terletak di daerah pegunungan yang perkembangan ilmu dan teknologinya dirasa kurang. Bahkan kami sebagai mahasiswa yang selalu membutuhkan internet untuk berkomunikasi di dunia luar sulit mendapatkan sinyal.

Berdasarkan data baik primer maupun sekunder yang kami peroleh, kami akhirnya membuat program berupa Motivasi Pendidikan dengan judul, “Menumbuhkan Siswa Berkarakter Untuk Meraih Cita-cita Demi Mewujudkan Masa Depan Gemilang.”

Kami mengundang seluruh siswa SMP Satu Atap 2 Panggul, mulai dari kelas 7, 8, dan 9. Kami mendatangkan narasumber dari berbagai profesi, seperti Kepala Sekolah, Kepala Desa, Dinas Kesehatan, dan Badan Kepolisian. Kami berharap, pelajar di daerah tersebut menjunjung tinggi Pendidikan dan mengangkat nama baik bangsa.

Salah satu pemateri dari Dinas Kesehatan, Sulikan sebagai Perawat Desa Ngrencak memotivasi pelajar dengan selalu niat dalam hati dan semangat belajar. Seperti yang dicontohkan, beliau dulu bercita-cita menjadi seorang dokter.

Selain itu, di penghujung acara kami mengadakan hiburan dengan mengembangkan kreasi pelajar, yaitu memperkenalkan berbagai cita-cita dan siswa-siswa disuruh untuk menggambarkan cita-cita mereka sesuai dengan imajinasinya. Kebanyakan dari mereka bercita-cita menjadi dokter, guru, dan pemain volly.

Mereka begitu antusias dan mengikuti acara ini dengan baik. kami sebagai panitia juga merasa bersyukur bisa melakukan bersama dengan siswa-siswi di SMPN Satu Atap 2 Panggul. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 28, 2022